Peredaran Garam Beryodium di Sidoarjo Dipantau

Sidoarjo

Selama sepekan di bulan Pebruari 2014, Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo bersama SKPD terkait melakukan kegiatan monitoring garam di pasar-pasar.  Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mengontrol dan memantau peredaran garam, juga dioptimalkan sebagai aktivitas low inforcement kepada produsen garam melalui pedagang.
Kegiatan yang telah dilakukan secara periodik ini, demi mengurangi dampak gangguan kesehatan akibat kekurangan yodium (GAKY). Mengingat, dampak kekurangan yodium bisa sangat mempengaruhi kelangsungan hidup dan kualitas sumber daya manusia (SDM); diantaranya perkembangan kecerdasan, perkembangan sosial dan perkembangan ekonomi.
Oleh karena itu, kegiatan monitoring ini juga diarahkan pada pembinaan pedagang garam dan makanan yang menggunakan bahan tambahan pangan (BTP); meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pedagang. Dengan demikian pedagang pun dapat memilih dan membeli garam konsumsi beryodium atau makanan yang menggunakan BTP tidak berbahaya bagi kesehatan
Perlu diketahui, persoalan GAKY adalah salah satu persoalan kesehatan yang perlu dicermati. Mengingat, GAKY ini termasuk bagian dari masalah gizi utama yang  dampaknya sangat serius terhadap intelektual dan keadaan sekitar masyarakat kita.
Masalah lain yang juga perlu dicermati adalah Anemia Gizi Besi (AGB), Kurang Vitamin A (KVA) dan Kurang Energy Protein (KEP). Penyebab utamanya adalah kurangnya pengetahuan dan perilaku masyarakat yang keliru dalam memilih dan mengkonsumsi makanan.
Sekilas ada beberapa macam cara untuk mengetahui besarnya masalah GAKY di masyarakat. Diantaranya  dengan melakukan palpasi pembesaran kelenjar gondok pada kelomopk populasi dan menghitung prevalensinya dengan metode yang telah ditetapkan. Perlu diketahui saat ini metode palpasi tidak perlu lagi; namun telah dikembangkan metode Screening Hypothyroid Congenital pada bayi baru lahir dengan cara memeriksa hormon teroid (TSH), Neonatal dan juga didukung dengan pemeriksaan kadar yodium pada urine / ekskresi yodium urine (EYU) pada ibu hamil dan anak sekolah. (tac)
Download daftar rekap merk garam di pasar tahun 2014 di sini !