SMP Negeri 4 Sidoarjo Ikuti Lomba Lingkungan Sekolah Sehat Tingkat Nasional

Sidoarjo-DinasKesehatan

SMP Negeri 4 Sidoarjo siap ikuti Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) Tingkat Nasional. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan jajaran lintas sektoral terkait dalam wadah Tim Pembina UKS Kabupaten Sidoarjo telah memberikan dukungan demi membawa citra kabupaten yang  dipimpin Bupati  H. SaifulIlah SH.M.Hum dan H. MGH. Sutjitpo, SH.MM sebagai wakilnya, karena Kabupaten Sidoarjo telah berkomit men menjadi Kabupaten UKS.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo dr. Ika Harnasti saat didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat (PKM) Dra.Ernani  Apt  dan Rochati SKM, selaku Kasi Peran Serta Kesehatan Masyarakat. Menurutnya,  kegiatan UKS merupakan kegiatan terpadu  yang dilakukan mulai dari Pusat sampai daerah dan sekolah dikooridinasikan secara intensif, terarah dan berkesinambungan sehingga diperoleh hasil maksimal.

Dinas Kesehatan Sidoarjo memiliki tanggung jawab mendukung kegiatan UKS yang telah diorientasikan demi  meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan cara meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS);  meningkatkan derajat kesehatan peserta didik; menciptakan lingkungan sekolah sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan  harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia  seutuhnya.

Perlu sedikit diketahui, 3 program pokok UKS yang disebutTrias UKS  meliputi :

1. PendidikanKesehatan :

Meliputi pendidikan kulikuler dan ekstra kulikuler.

2. Pelayanankesehatan :

Meliputi kegiatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

3. Pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat :

Dilaksanakan dalam rangka menjadikan sekolah sebagai  institusi pendidikan yang dapat menjamin berlangsungnya proses pembelajaran yang mampu menumbuhkan kesadaran, kesanggupan dan kemampuan hidup sehat peserta didik.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Sidoarjo, Drs. Muflich Hasyim, M.Pd mengatakan, “Kini kami bersama seluruh jajaran terkait mempersiapkan kebutuhan administrative dan data-data pendukung untuk bisa meraih prestasi seperti yang  diharapkan.Pasalnya, Sidoarjo hampir setiap tahun memperoleh prestasi cukup menggembirakan terkait lomba UKS dan lingkungan sekolah sehat,” (tac)