Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo melakukan standarisasi penulisan buku profil kesehatan. Langkah ini dilakukan dengan pertimbangan  buku  tersebut merupakan salah satu sarana penting untuk mengabarkan aktivitas kinerja yang patut dan layak diketahui publik.
Untuk mempermudah tata cara penulisan, ada beberapa tahap yang perlu mendapat perhatian khusus. Berikut sistematika penulisan buku profil kesehatan tahun 2014:
1.       Bab I : Pendahuluan.
a.       Dalam bab ini akan menyajikan materi tentang maksud dan tujuan penulisan profil kesehatan, termasuk sistematika penyajiannya.
2.       Bab II:  Gambaran Umum dan Lingkungan
a.       Bab ini menyajikan tentang gambaran umum kabupaten Sidoarjo yang telah terbagi menjadi 18      kecamatan dan ruang lingkup kinerja Puskesmas.
b.      Data tersebut di atas perlu dilengkapi pula  gambaran geografi, administratif dan informasi umum lain.
c.       Dalam bab ini juga mengulas faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan terkait; seperti potret kehidupan masyarakat (baca: kependudukan), kondisi ekonomi, pendidikan, sosial budaya dan lingkungan.
3.       Bab III:  Situasi derajat kesehatan:
a.       Bab III ini merapakan salah satu bagian penting dari penggambaran profil kesehatan di kabupaten Sidoarjo. Dalam bab ini akan disajikan uraian tentang indikator mengenai angka kematian, kesakitan dan angka status gizi masyarakat
4.       Bab IV: Situasi Upaya Kesehatan
a.       Dalam bab ini akan diuraikan tentang berbagai aktivitas pelayanan kesehatan dasar, pelayanan kesehatan rujukan dan penunjang, pemberantasan penyakit menular, pembinaan kesehatan lingkungan, dan sanitasi dasar, perbaikan gizi masyarakat, pelayanan kefarmasian, dan alat kesehatan pelayanan kesehatan lainnya, indikator MDGs kesehatan, upaya pelayanan kesehatan lain yang diselengagrakan oleh kabupaten/kota
5.       Bab V : Situasi Sumber Daya Kesehatan
a.       Dalam bab ini bisa diuraikan tentang sarana prasarana kesehatan yang tersedia; termasuk jumlah tenaga kesehatan, pembiayaan kesehatan dan sumber daya kesehatan lain yang terkait.
Dengan adanya standarisasi ini diharapkan, potret kesehatan masyarakat Sidoarjo dan aktivitas kinerja Dinas Kesehatan Sidoarjo bisa diketahui secara utuh dan dapat dievaluasi untuk disempurnakan kembali. (*)

Related Post

Agenda

There are no upcoming events.

Diskusi Terbaru