Pelaku Usaha Dihimbau Terapkan SRC

Himbauan Kepala Dinas Kesehatan, Dr. Ika Harnasti

Dinas Kesehatan-Sidoarjo

Kepala Dinas Kabupaten Sidoarjo Dr. Ika Harnasti meminta pelaku usaha agar menerapkan cara ritel pangan yang baik dan konsisten melaksanakan Self Regulatory Control (SRC) serta memperkuat pengawasan internal.

“Diwajibkan kepada masayrakat untuk jadi konsumen yang cerdas. Salah satu caranya adalah tidak mengkonsumsi makanan tang tidak memenuhi standar dan persyaratan, tanpa ijin dan palsu.  Oleh karena itu, Dinas Kesehatan bersama lintas sektoral akan terus melaksanakan pembinaan kepada pelaku usaha agar bersedia melakukan perbaikan rasa terhadap masyarakat melalu jenjang administratif dan berbagai media, tentang kewaspadaan terhadap makanan dan minuman,”katanya

Bisa disadari bahwa menjelang hari besar keagamaan, peredaran produk pangan semakin meningkat, baik jumlah atau pun jenisnya karena didorong permintaan masyarakat yang cukup tinggi.  Hal ini  tentu bisa berakibat semakin banyaknya peredaran pangan yang berpotensi tidak memenuhi syarat.   Kondisi ini jelas merugikan masyarakat.

“Oleh karena itu pengawasan terhadap produk pangan yang beredar akan terus diintensifkan untuk melindungi masyarakat dari pangan yang tidak memenuhi syarat,”katanya. (cat)