Gebyar 30 Tahun Kebangkitan Program UKS  Sidoarjo 2014
Dinas Kesehatan-Sidoarjo
Pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang ditangani SKB 4 menteri tahun 1984 dan diperbarui tahun 2003, bertujuan mewujudkan generasi muda yang berperilaku hidup sehat sejak usia dini. Generasi yang cukup  bugar, cerdas, berbudi luhur, peduli lingkungan, dan siap bersaing di era globalisasi.

Demikian disampaikan wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjito SH, MM dalam sambutannya dalam acara Gebyar 30 Tahun Kebangkitan Program UKS  Sidoarjo 2014.
Perlu disadari bersama, kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah merupakan salah satu sarana investasi penting. Oleh karena itu, marilah UKS diaktualisasikan sebagai perilaku hidup sehat dalam rutinitas keseharian. Mengingat, UKS adalah wadah untuk kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin.
“Kita patut bangga karena saat ini Kabupaten Sidoarjo menjadi Sektap TP UKS Kabupaten Percontohan.  Keberhasilan UKS Kabupaten Sidoarjo hingga ke tingkat Nasional dimulai sejak tahun 2007,” katanya.

Sedikit gambaran adalah: TK Al Muslim Kecamatan Waru juara II Lomba Lingkungan Sekolah Sehat, tahun 2009 Hediana Deliana siswa SD Hang Tuah 10 Juanda -Sedati meraih juara I Dokter Kecil Award, tahun 2011 SD Hang Tuah 10 Juanda – Sedati sebagai Sekolah Sehat Percontohan, tahun 2012 TK Aisyiah Bustanul Atfal Bebekan Kecamatan Taman  meraih  juara II Lomba Lingkungan Sekolah Sehat dan tahun 2014, SMPN 4 Sidoarjo Juara I Lomba Lingkungan Sekolah Sehat.

Selain prestasi yang begitu banyak ini, agar program UKS bisa semakin bermanfaat bagi seluruh pihak; perlu ada prioritas yang perlu selalu diwujudkan dan terjaga yaitu: siswa sehat dan cerdas.  Selain itu, pemerintah daerah juga mempunyai program membentuk kecamatan UKS dan Wisata UKS, selain itu Kabupaten Sidoarjo telah mempunyai Grand Design UKS hingga tahun 2017. (ct)

Related Post

Agenda

There are no upcoming events.

Diskusi Terbaru