Posbindu di Lingkungan DinasKesehatan

Dinkes-Sidoarjo

posbindu ptmKegiatan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) di lingkungan Dinas Kesehatan Sidoarjo secara periodik  dilakukan. Kegiatan ini bias dilakukan di tempat kerja atau pun dimana berada. Caranya  mudah, cukup  berkoordinasi dengan Puskesmas wilayahmasing-masing. Setiap Puskesmas akan bisa memberikan  petunjuk bagaimana melakukannya.

Demikian disampaikan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Atho’Illah di sela kegiatan Posbindu  di Kantor Dinas KesehatanSidoarjo, pertengahanOktober 2018 lalu.

“Dalam kegiatan Pos Pembinaan Terpadui ni , kita bias melakukan cek kesehatan atau pendeteksian secara dini terhadap suatu penyakit. Terutama penyakit tidakmenular. Setiap orang di lingkungan Dinas Kesehatan,  secara rutin bias mengecek tekanan darah, cek gula darah, cek kolesterol, dan juga cek indeks masa tubuh ideal,” katanya

Bila dalam aktivitas Posbindu  PTM ditemukan hasil yang kurang bagus, maka gejala penyakit itu bias dilakukan intervensi lebih awal. Penyakit tidak menular tersebut diantaranya diabetes melitus, hipertensi, hiperlipidemia alias lemak yang berlebih. Oleh Karena itu, mari kita laksanakan Posbindu PTM di tempat kerja kita, baik di desa atau pun kelurahan. (cat)