P2PL-Dinkes Sidoarjo

Deteksi Dini ( Screening test) merupakan salah satu upaya Kementerian Kesehatan melakukan pencegahan penyalahgunaan Napza. Metode ASSIST atau alcohol, smoking and substances involvement screening test merupakan elemen penting yang dapat digunakan petugas kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), memahami perilaku penggunaan napza.

p2pl-duaKhususnya saat pasien-pasien menyampaikan keluhan fisik. Diantaranya pusing, batuk, demam, dan lain-lain.  Disisi lain pasien pun dapat memperoleh informasi yang tepat tentang resiko yang mungkin dialaminya penggunaan narkobanya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dr. Ato’Illah didampingi Soleh Fatoni SKM., MM mengatakan, tidak sedikit pasien datang di tempat layanan kesehatan terkait gangguan sistem kardiovaskuler, gangguan sistem gastrointestinal, kecelakaan lalu lintas atau penyakit lain, menyadari jika penyakit yang diderita bagian dari akibat dari penggunaan Napza.

Perlu diketahui, di Indonesia persoalan penyalahgunaan NAPZA tidak pernah mereda, sekalipun jenis zat yang digunakan menunjukkan perbedaan dari waktu ke waktu. Ini terjadi karena penyalahgunaan Napza adakalanya masihmengikuti tren. Ini biasanya karena berbagai faktor, Diantaranya ketersediaan zat, kebutuhan dan faktor penegakan hukum. Selain itu juga dipengaruhi oleh kebiasaan lokal setempat yang sering kali tanpa disadari juga memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. (cat)

 

Related Post

Agenda

There are no upcoming events.

Diskusi Terbaru