Inovasi Jajaran Dinkes, Kuatkan Sidoarjo Raih IG Award 2018

igaDinkes-Sidoarjo

Pelaku dunia kesehatan Sidoarjo patut bangga, setelah Kabupaten Sidoarjo masuk 10 besar dan memperoleh Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2018 di Jakarta, (7/12). Dari 19 catatan inovasi yang membuat Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH. MHUm menerima penghargaan dari Kemendagri di hotel Sahit Jakarta itu, empat diantaranya adalah berkat inovasi Puskesmas Jabon, PKM Krian, PKM Tarik dan RSUD Sidoarjo.

Seperti diberitakan, hasil rekapitulasi yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri, tercatat  5 Provinsi, 10 Kabupaten dan 10 Kota masuk kategori  terinovatif.  Wilayah yang dipimpin Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH Mhum ini menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2018 setelah berhasil memperoleh 19 perhargaan di tahun 2018.  Hotel Sahid Hotel, Jakarta menjadi saksi prestasi tersebut.

Kabupaten Sidoarjo meraih total nilai 7084, menempati urutan ke tujuh (7) dari sepuluh kabupaten penerima IGA 2018. Hadir mendampingi H. Saiful Ilah SH Mhum adalah Kepala Bappeda Agoes Budi Cahyono, Kepala Badan Pelayanan Pajak Joko Santoso, Kepala DPMPTSP Ari Suryono, Kabag Organisasi Ahadi Yusuf dan anggota DPRD Sidoarjo, Ketua Komisi D H. Usman MKes, Ketua Komisi C Abdilah Nasih dan Ketua Fraksi PKB Ahmad Amir Aslichin.

Berbagai inovasi tersebut antara lain: Sippadu, Sipekat, E-Procurement, RDS (Regional Development System), Siksda, Hibos (hibah dan bansos) dan Sistem Manajemen Aset Daerah, M Bonk, Sigap, Sipandu, Inovasi di bidang pelayanan kesehatan, seperti Si Maneis, Siap Tarik, Sejiwa dengan Jempol, Kopisemel. Sedangkan inovasi di tingkat kecamatan, Sidoarjo memiliki inovasi, Berkas Mlaku Dewe, Si Cantik, Cepetmari, Cepet Mule, Sipetek.

Dalam sambutannya, Tjahjo menyampaikan ucapan selamat kepada daerah yang mendapatkan penghargaan pada Malam Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2018. Penghargaan Innovative Government Award Tahun 2018  merupakan momentum kebangkitan bangsa Indonesia.  Inovasi-inovasi tersebut merupakan cikal bakal meningkatnya daya saing daerah yang kemudian terakumulasi menjadi peningkatan daya saing nasional.

Usai menerima penghargaan Bupati Sidoarjo mengungkapkan semua inovasi itu dibuat demi memperbaiki kualitas pelayanan publik di Sidoarjo. “Komitmen saya mewujudkan kemudahan pelayanan publik bagi masyarakat Sidoarjo, dengan tag line “ Satu perangkat daerah satu inovasi”. Kini Sidoarjo sudah memiliki 73 inovasi dan semua itu ditujukan untuk meningkatkat kinerja pemerintah daerah agar menjadi lebih efektif dan transparan,” kata Saiful Ilah. (cat)