Dinkes-Sidoarjo

Suntik Meningitis Mulai Dijalani CJH Pada Tahap Kedua IniApa itu meningitis? Ini merupakan penyakit endemik yang ada di Saudi Arabia, khususnya di area Masjidil Haram.  Penyakit ini bisa perlu dicermati dan tidak boleh diabaikan. Tidak sedikit Jemaah haji dan umroh ‘terserang’  penyakit meningitis ini karena tidak melakukan suntik meningitis terlebih dahulu.

Perlu diketahui, penyakit meningitis adalah radang pada selaput pelindung saraf pusat atau kerab disebut dengan radang otak. Gejalanya hampir tidak kelihatan karena mirip penyakit lainnya seperti demam, batuk, sakit kepala dan lain-lain. Meningitis disebabkan virus yang tersebar melalui udara dan sangat cepat terserap oleh tubuh.

Vaksinasi meningitis sangat penting dilakukan, bahkan pemerintah Arab Saudi juga telah mewajibkan Jemaah haji dan umroh  harus disuntik vaksin meningitis terlebih dahulu. Suntik vaksin meningitis diharapkan menangkal virus atau bakteri yang dimungkinkan bisa menyebabkan peradangan  otak. Bahkan juga bermanfaat untuk menangkal penyakit lain;  diantaranya  HIV, Tuberkulosisi, Ebola dan lain-lain.

Sejatinya, suntik vaksin meningitis ini tidak hanya berlaku untuk kegiatan pemberangkatan haji dan umroh saja. Kegiatan lain seperti travelling juga perlu melakukan suntik vaksin ini. Mengingat, penyakit meningitis ini termasuk penyakit berbahaya, jika dibiarkan tanpa perawatan. (cat)

Related Post

Agenda

There are no upcoming events.

Diskusi Terbaru