Dinkes-Sidoarjo

Ada kampung KB di Sidoarjo. Saat ini tercatat  43 Kampung KB yang telah berkembang. Kampung KB merupakan kegiatan integrasi dari Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dengan program pembagunan lain dari Dinas Kesehatan, Kemenag dan Dinas Pendidikan. Kegiatan terintegrasi ini dilaksanakan rutin setiap bulan.

Dalam Pokja Kampung KB telah diwujudkan berbagai pertemuan Forum Musyawarah Desa Kampung KB yang membahas rencana teknis untuk membangun kesepahaman dan penguatan dukungan kegiatan di Kampung KB. Kegiatan ini biasanya dihadiri oleh OPD KB, BPD, LPMD, tokoh masyarakat, tokoh agama, PKB dan kader kelompok kegiatan.

Tujuan Kampung KB adalah untuk menurunkan TFR, meningkatnya pemakaian kontrasepsi, menurunkan Unmetneed, menurunnya angka kelahiran pada remaja usia 15 – 19 th, menurunnya kehamilan yang tidak diinginkan pada usia 15- 49 th, dan anggarannya DAK BOKB bersinergi dengan APBD.

“Selain itu, yang tidak kalah pentingya adalah, disetiap Kampung KB ada pembentukkan PIK Remaja berbasis masyartakat, dimana anggotanya dari remaja yang ada di Kampung KB denga usia 10-24 th dan belum menikah. Termasuk juga melakukan pembinaan PPKBD dan Sub PPKBD, serta melakukan pembinaan terhadap kelompok Tri Bina, yaitu kelompok yang berbasis BKB, BKR, BKL,” jelasnya. (cat, berbagai sumber)

Related Post

Agenda

There are no upcoming events.

Diskusi Terbaru