Dinkes-Sidoarjo

Kopi TBCKepala Dinkes Kab Sidoarjo, Drg Syaf Satriawarman Sp Pros mendampingi Bupati Sidoarjo H. saiful Ilah SH, Mhum  membuka acara Workshop dan pembentukan Tim DPPM (District-Based Public Private Mix) dan KOPI (Koalisi Organisasi Profesi) untuk penanggulangan TBC untuk wilayah Sidoarjo, (25/7).

Dalam kesempatan itu, Bupati Saiful Ilah, penyakit TBC mengungkapkan pembentukan KOPI ini perlu didukung secara penuh. Salah satu tujuannya,  memaksimalkan pencegahan hingga ke desa – desa di wilayah Kab Sidoarjo, agar dapat mengurangi angka kematian yang disebabkan penyakit TBC ini.

Ditambahkan pula oleh Kepala Dinkes Kab Sidoarjo, Drg Syaf Satriawarman Sp Pros, Gejala utama penyakit TBC ini adalah batuk terus – menerus selama dua pekan lebih. Penyakit yang disebabkan kuman mycobacterium tuberculosis itu  sering menyerang organ vital paru – paru atau organ tubuh lain, seperti kelenjar getah bening, tulang, otak, kulit dan lainnya.

Gejala lain lain yang perlu dicermati demam berkepanjangan, sesak nafas dan nyeri dada, berat badan menurun, kadang dahak bercampur darah, nafsu makan menurun dan berkeringat di malam hari meskipun tak melakukan aktivitas.

Turut hadir Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Ketua KOPI Provinsi Jatim Dr Soedarsono SpP(k), Project Manager KNCV, Dr Yeremia Prawiro Mozatruntu, dan acara ditutup dengan penandatangan komitmen kerjasama Public – Private Mix dalam Penanggulangan TBC untuk Kab Sidoarjo bebas Tuberkulosis. [cat)

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Agenda

There are no upcoming events.

Diskusi Terbaru