Dinkes-Sidoarjo

kepetinganBidang Kesehatan Lingkungan – Kesehatan Kerja – Olahraga (Kesling – KerjaOr) Dinas Kesehatan Sidoarjo melakukan aktivitas pemicuan di Desa Kepetingan. Perjalanan panjang menuju desa di belahan timur Sidoarjo ini ditempuh menggunakan transportasi air. Sekitar kurang lebih satu setengah jam, kru bidang Kesling – KerjaOr berada di atas perahu.

Program pemicuan di desa Kepetingan ini  merupakan aktualisasi dari Program Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat (PKGBM) dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat  (STBM). Tujuannya  mendorong masyarakat dan petugas kesehatan melakukan upaya perbaikan perilaku hidup bersih dan sehat. Ini merupakan amanah Peraturan Menteri Kesehatan No. 3 tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, pemicuan STBM mencakup lima pilar; dua diantaranya Stop BAB Sembarangan (SBS) dan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo drg. Syaf terkait program SBS di acara pemantapan Sidoarjo Kota Sehat sempat mengatakan Stop BAB sembarangan ini masih  merupakan tantangan kita bersama. Oleh karena itu, terkait program tersebut perlu dioptimalkan penanganannya karena itu temasuk dalam penilaian Open Defecation Free (ODF). ODF adalah kondisi masyarakat tidak buang air besar sembarangan. Dikatakannya perilaku ODF masyarakat Sidoarjo masih 32 % dan perlu dirubah menjadi diatas 60 %. (cat)

Related Post

Agenda

There are no upcoming events.

Diskusi Terbaru