Dinkes-Sidoarjo

Desa Kalikajang Kelurahan Gebang yang rata-rata dihuni ‘buruh tambak’ ditinjau tim dari Dinas Kesehatan dan jajaran terkait dari Kecamatan Kota serta Puskesmas Sekardangan. Kegiatan tersebut dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) UKBM, (27/8).  Rutinitas ini telah digalakkan Dinas Kesehatan Sidoarjo tiada henti.

kalikajangKepala Dinas Kesehatan drg. Syaf Satriawarman dan Camat Kota, Agustin Iriani  yang mengikuti Tim Puskesmas Sekardangan yang bertugas melakukan monev  tampak  harus menikmati perjalanan air selama 1,5 jam.

Monev UKBM merupakan bagian dari kewajiban Dinas Kesehatan melakukan pemantauan kondisi riil masyarakat dan potensi  penyakit. Termasuk kondisi  kesehatan ibu dan anak, gizi, lingkungan, dan perilaku yang dapat menimbulkan masalah kesehatan masyarakat, perlu dilakukan.

Melihat kondisi Desa Kalikajang, salah satu yang perlu terus dicermati, penyehatan lingkungan. Kegiatan pemeliharaan lingkungan ini perlu secara kontinyu dilakukan; agar terhindar dari penyakit dan masalah kesehatan lain. Sosialisai promosi tentang pentingnya sanitasi dasar; bantuan fasilitasi pemenuhan kebutuhan sarana sanitasi dasar ; seperti air bersih, jamban, pembuangan sampah dan limbah, dan lain-lain dapat dikoordinasikan lintas sektoral. (cat)

Related Post

Agenda

There are no upcoming events.

Diskusi Terbaru