Dinkes-Sidoarjo

Kader kesehatan di wilayah Sidoarjo menerima pembekalan tentang penyakit menular di masyarakat. Gerak cepat para kader kesehatan Sidoarjo dalam memberi laporan itu diharapkan bisa mencegah munculnya penyakit menular di sekitarnya itu tidak sampai menjadi wabah dan menyebar kemana- mana.

Harapan ini disampaikan  Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, dr Idong Juanda, di ruang Delta Graha Setda Sidoarjo, (28/9).

Dalam kegiatan pembekalan ini 160 orang petugas Kader kesehatan dari 26 Puskesmas, dr. Idong juga menceritakan, menurut Kementrian Kesehatan ada 17 penyakit menular yang bisa menjadi wabah. Diantaranya campak, polio, difteri, rabies, malaria, flu burung, antrax dan cikunguya. Di sidoarjo sempat ada 47 kasus Difteri. Tahun 2019 kasusnya menurun, sampai Agustus tercatat sekitar ada 12 kasus. Diantara 17 penyakit  tersebut  ada yang bisa dicegah melalui imunisasi dasar lengkap (IDL). Diantara penyakit wabah yang bisa dicegah dengan imunisasi dasar lengkap,  adalah campak, polio dan difteri.

“saya menghimbau, bila para kader kesehatan menemukan penyakit yang tidak bisa dicegah dengan imunisasi dasar lengkap, segera dilaporkan. Tujuannya agar bisa cepat ditangani dan tak menyebar jadi wabah atau kondisi luar biasa. (cat)

 

 

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Agenda

There are no upcoming events.

Diskusi Terbaru