Tim Penilai Kabupaten-Kota Sehat Maraton Keliling Sidoarjo

Dinkes-Sidoarjo

kota-sehat-utamaTim Penilai Kabupaten-Kota Sehat di  Sidoarjo yang dikomando Anita R. Bultom meninjau 10 titik lokasi yang telah dipersiapkan. Koordinator Tim Verifikasi dari Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan tersebut  secara maraton  mengecek berbagai program yang terkait dengan program kota sehat.

Sekolah Dasar Al-Muslim di desa Wadung Asri Kecamatan Waru merupakan salah satu yang dikunjungi tim penilai kabupaten-kota sehat nasional. Tanggal 21 Februari 2006, sekolah ini pun mencanangkan PROGRAM ADIWIYATA. Tujuannya mendorong dan membentuk sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Sekaligus mampu berpartisipasi dalam rangka upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, terencana dan terus menerus secara komprehensi.kotasehat-1

Selain SD berbasis pendidikan Islam ini,  seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Seluruh Camat dan Tim Forum Kabupaten Sidoarjo Sehat telah mendukung kegiatan ini telah mempersiapkan maksimal. Selain meninjau program Adiwiyata di Sekolah Dasar Al-Muslim, terkait pelaksanaan dan aktivitas program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), tim penilai diajak melihat program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), ditunjuk SMP 1 Negeri Gedangan.

  1. Untuk kecamatan sehat, tim verifikator diarahkah ke sekretariat forum kecamatan sehat kecamatan Waru.

kota-sehat-2

  1. Terkait aktivitasi industri sehat, ditunjuk PT Ispat indo di desa  Kedung Turi Kecamatan Taman
  1. Terkait program sungai bersih, diarahkan ke Desa Pekaruangan. Di Desa ini tim juga melihat kegiatan pokja desa sehat di  kantor desa pekarungan kecamatan sukodono
  1. Program pasar sehat diarahkan ke Pasar larangan desa Candikota-sehat-3
  1. Terkait Pemukiman sehat ditunjuk perumahan Mutiara Citra Graha RW 09 Candi
  1.  Aktivitas program posyandu jiwa di desa Sambibulu Kecamatan Taman

Selain aktivitas tersebut, Tim Penilai dari kementrian kesehatan itu  menilai aktivitas pengelolaan sampah di Desa Janti Kecamatan Waru. Aktivitas  TPST KSM Janti Berseri di desa Janti Waru program pengelolaan sampah menjadi salah satu andalah kabupaten Sidoarjo. (cat)