Rawan Terpapar Covid-19, Puskesmas Buduran Vaksin ODGJ

Petugas kesehatan di Puskesmas Buduran, ketika memvaksin para ODGJ, belum lama ini.

Tidak hanya orang sehat saja yang ikut diberikan vaksinasi mencegah penularan virus Covid-19. Mereka yang termasuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) juga ikut diberikan vaksinasi.

Sebanyak 10 ODGJ yang selama ini rutin periksa di Puskesmas Buduran, Kec Buduran, diberikan vaksin Sinopharm. Vaksin khusus untuk ODGJ.

Kepala Puskesmas Buduran, dr Yopy Agung Priambodo, mengatakan para ODGJ diberikan vaksinasi karena mereka sebagai komorbit yang rentan mengalami penyakit seperti diabetus militus dan hipertensi.

“Kalau punya 2 penyakit ini resikonya akan tambah parah terkena Covid. Maka mereka kita vaksin. Supaya tidak beresiko untuk dirinya juga untuk keluarganya,” jelas dr Yopy, Senin (23/8) kemarin.

Para ODGJ ini menurut dr Yopy, selama ini rutin memeriksakan diri ke Puskesmas Buduran. Meski ODGJ namun mereka masih bisa diajak berkomunikasi.

Vaksinasi untuk mereka itu merupakan vaksinasi ke-1. Vaksinasi ke-2, nanti akan diberikan lagi pada 21 atau 25 hari berikutnya. Untuk vaksin Sinopharm ini pihaknya mempunyai 28 dosis yang didapat dari Dinas Kesehatan Kab Sidoarjo.