PTM Diberlakukan,
Puskesmas Buduran Memvaksin 500 Pelajar

Petugas Puskesmas Buduran saat memvaksin pelajar di SMPN 2 Buduran.

Puskesmas Buduran secara bertahab  mulai melakukan vaksinasi Covid-19 kepada  pelajar SMP di wilayahnya, seiring pemberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM ) di Kab Sidoarjo, Seminggu lalu.

Kepala Puskesmas Buduran, dr Yopy Agung Priambodo, menuturkan pada hari Sabtu (4/9) akhir pekan lalu, vaksinasi diberikan kepada 300 pelajar dari sejumlah SMP.  Sementara pada Senin (6/9/2021),  khusus untuk 200 pelajar di SMPN 2 Buduran.

“Kalau hari Sabtu kita lakukan di Puskesmas Buduran, kalau di SMPN 2 Buduran kita yang jemput bola,” komentar dr Yopy.

Dituturkannya, semua SMP yang ada di wilayah Kec Buduran, saat ini sudah mengajukan untuk memperoleh vaksinasi. Demikian juga SMA nya. Namun khusus SMA, karena jumlah siswanya sampai diatas 1.000an, maka akan kerja sama antara petugas Puskesmas Buduran dan dari Dinkes Kab Sidoarjo.

Khusus sekolah SMP,  kata dr Yopy,  ada yang mengajukan lewat Dikbud Sidoarjo, juga ada yang mengajukan lewat Puskesmas Buduran. Kegiatan vaksinasi yang dilakukan ini merupakan vaksinasi dosis ke-1. Vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac.

“Karena tenaga kesehatan terbatas, saya turun tangan ikut memvaksin juga,” komentarnya.

Namun diakui terus terang,  stok vaksin dari Dinkes Kab Sidoarjo, untuk saat ini masih kosong. Begitu vaksin ada, maka kegiatan vaksinasi akan segera dilakukan kembali secara bergantian.

“Jangan khawatir, semua pasti akan mendapatkan vaksinasi, karena ini memang program Pemerintah, untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan massal dari penularan virus covid,” katanya.

Sementara untuk vaksinasi para guru, menurut dr Yopy, sudah 100% selesai, sekitar Bulan April dan Mei 2021.
Dengan memperoleh vaksinasi Covid-19, menurut dr Yopy semoga kegiatan PTM menjadi lancar.

Karena guru, siswa dan para orang tua merasa aman dan menjadi  tenang. Meski demikian, ia mengingatkan supaya tetap menjalankan Prokes dengan ketat.

Petugas UKS SMPN 2 Buduran, Budi Hartono, kemarin, menyatakan senang karena kegiatan vaksinasi di sekolahya telah berjalan lancar.

“Para pelajar sangat antusias sekali mengikuti vaksinasi ini,” komentarnya.

Kegiatan PTM di SMPN 2 Buduran itu, kata Budi, sudah berjalan Seminggu yang lalu. Dirinya berharap semoga semuanya berjalan normal kembali seperti semula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *