Dinkes-Sidoarjo

germas-2Seminar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) mewarnai Puncak HUT ke 19 Dharma Wanita Persatuan  (DWP) 2018.  Seminar bertema  “Cegah dan Tanggulangi Stunting bersama DWP” ini diselenggarakan di pendopo Delta Wibawa, (12/12).  Sekitar 200 orang hadir di acara  yang dihadiri Penasehat DWP Kabupaten Sidoarjo Hj. Anik Saiful Ilah yang  didampingi  Hj. Ida Nur Ahmad Syaifuddin dan Ketua DWP Sidoarjo Hj. Endang Ahmad Zaini.

Saat membuka acara Ketua DWP Kabupaten Sidoarjo Hj. Endang Ahmad Zaini  DWP perlu mengambil peran strategis dan mampu berkontribusi dalam pemikiran, gagasan dan pandangan terhadap pembangunan nasional. Apalagi sebagai organisasi kemasyarakan yang menghimpun dan membina istri Aparatur Sipil Negara/ASN masih banyak hal-hal yang perlu ditingkatkan.

germas-3Setelah acara pembukaan tersebut, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dr. Zuhaida pun membedah tema seminar. Menurutnya, stunting saat ini telah menjadi isu nasional. Ada 4 juta anak Indonesia yang mengalami stunting (kerdil), namun Kabupaten Sidoarjo bukan bagian dari isu tersebut  kewaspadaan tetap diperlukan.

“Alhamdulillah Kabupaten Sidoarjo tidak termasuk intervensi, jadi di Jawa Timur itu ada 11 kabupaten yang diintervensi, Kabupaten Sidoarjo tidak,”ujarnya.

Penyebab stunting bukan hanya anak yang kurang gizi. Akar persoalan yang kerab jadi penyebab daerah ada kasus stunting, salah satu diantarnya kemiskinan, ketahanan pangan, gizi maupun pendidikan.  Terkait hal ini pemerintah telah memiliki kerangka konsep penurunan stunting melalui;  perbaikan gizi masyarakat; Proyek Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat (PKGBM);  Program Generasi Sehat Cerdas (GSC) dan program PAUD – Generasi Cerdas Desa (GCD). (cat)

 

 

 

Related Post

Agenda

There are no upcoming events.

Diskusi Terbaru