• Tersedianya Rekam Medis Pasien

  1. Petugas menerima pasien yang diduga menderita penyakit yang berbasis lingkungan yang dirujuk dari pelayanan umum, pelayanan KIA/ KB, pelayanan TB paru dan klien umum
  2. Petugas mengisi data umum pasien termasuk alamat lengkap
  3. Petugas melakukan wawancara dan tanya jawab untuk mencari faktor penyebab penyakit pasien/klien
  4. Petugas mengisi hasil wawancara dan tanya jawab ke dalam cheklist panduan wawancara
  5. Petugas harus mengetahui dan menetapkan faktor-faktor penyebab penyakit dari lembar wawancara
  6. Bila ditemukan kelainan atau penyakit penyerta dan diperlukan tindakan dan intervensi lebih lanjut pasien dapat dirujuk kembali pelayanan yang merujuk
  7. Petugas memberikan penyuluhan terkait faktor sanitasi lingkungan yang menjadi kemungkinan penyebab penyakit pasien dengan metode Konsultasi, Informasi dan Edukasi (KIE)
  8. Petugas bersama pasien menetapkan jadwal kunjungan rumah pasien untuk inspeksi sanitasi rumah (bila perlu)
  9. Identitas pasien dicatat dalam buku register kunjungan klinik sanitasi
  10. Laporan kunjungan klinik sanitasi dilaporkan setahun sekali ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo
10 Menit

sesuai kasus

Tidak dikenakan biaya

  • PELAYANAN KLINIK SANITASI
  1. SMS Center Puskesmas : 082139707313
  2. Email: puskesmagedangan@yahoo.com
  3. Telepon : (031) 99606350
  4. Secara tertulis melalui : a. Kotak Saran