Pembangunan manusia adalah sebuah proses pembangunan yang bertujuan agar manusia mempunyai kemampuan diberbagai bidang, khususnya dalam bidang ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Pembangunan kesehatan manusia sebagai ukuran kinerja pembangunan secara keseluruhan dibentuk melalui pendekatan tiga dimensi dasar yaitu umur panjang dan sehat, berpengetahuan dan memiliki kehidupan yang layak.

Sedangkan pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.  Derajat  kesehatan masyarakat dapat dilihat dari berbagai faktor yang meliputi indikator umur harapan hidup, angka kematian, angka kesakitan dan status gizi masyarakat.

Untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo pada tahun 2011 telah memprioritaskan program Pembangunan dalam mewujudkan tujuan Pembangunan Millenium (MDG’s) 2015 yaitu :

  1. Memberantas Kemiskinan dan kelaparan (Eradicate extreme poverty & hunger)
  2. Menurunan  Kematian  Anak  (Reduce child mortality)
  3. Meningkatan Kesehatan Ibu (Improve maternal health)
  4. Mengendalikan Penyakit HIV/AIDS, Malaria dan TB. (Combat HIV/AIDS, malaria and other diseases)
  5. Menjamin Kelestarian lingkungan hidup (ensure environmental sustainability)

Salah satu media resmi untuk menampilkan semua hasil pembangunan kesehatan di Kabupaten Sidoarjo  adalah  profil kesehatan, disamping media lain yang disusun.

Profil Kesehatan Kabupaten Sidoarjo tahun 2011 memuat data-data tentang kesehatan, yang meliputi derajat kesehatan, upaya kesehatan, dan sumber daya kesehatan. Disamping itu dalam buku ini juga menyajikan data pendukung lain yang berhubungan dengan kesehatan seperti data geografis, luas wilayah, keadaan iklim dan demografi. Keseluruhan data yang ada merupakan gambaran tingkat pencapaian penyelenggaraan pelayanan kesehatan.

Profil ini juga merupakan salah satu sarana untuk memantau pencapaian Visi Kesehatan Kabupaten Sidoarjo  yaitu Terwujudnya Sidoarjo Sehat Mandiri dan Berkeadilan dan Misi Kesehatan Kabupaten Sidoarjo yaitu :

  1. Menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatan
  2. Mendorong terwujudnya kemandirian masyarakat untuk hidup sehat
  3. Mewujudkan, memelihara dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau
  4. Meningkatkan upaya pengendalian penyakit dan penanggulangan masalah kesehatan
  5. Meningkatkan dan mendayagunakan sumber daya kesehatan.

Tujuan utama diterbitkannya Profil Kesehatan Kabupaten Sidoarjo tahun 2011  adalah agar diperoleh gambaran keadaan kesehatan di Kabupaten Sidoarjo, khususnya untuk tahun 2011 dalam bentuk narasi, tabel, grafik dan gambar dimana didalamnya terdiri dari 6 (enam) bab, yaitu :

Bab I –             Pendahuluan.

Bab ini menyajikan tentang tujuan penyusunan Profil Kesehatan

Bab II –            Gambaran Umum.

Bab ini menyajikan gambaran umum dalam hal keadaan geografi, luas wilayah, keadaan iklim dan demografi

Bab III –           Situasi Derajat Kesehatan.

Bab ini berisi uraian tentang indikator keberhasilan penyelenggaraan pelayanan kesehatan tahun 2011 yang mencakup tentang angka kematian, angka kesakitan dan keadaan status gizi

Bab IV –          Situasi Upaya Kesehatan.

Bab ini merupakan penggambaran dari Upaya Pelayanan Kesehatan, Akses dan Mutu Pelayanan Kesehatan, Perilaku Hidup Masyarakat dan Keadaan Lingkungan

Bab V –           Situasi Sumber Daya Kesehatan.

Bab ini menguraikan tentang keadaan Sarana Kesehatan, Tenaga Kesehatan dan Pembiayaan Kesehatan

Bab VI –          Program-Program Inovasi

Bab ini menguraikan tentang semua kegiatan-kegiatan inovasi yang dilakukan selama tahun 2011

Bab VII –          Penutup

[wpdm_file id=2]

Related Post

Agenda

There are no upcoming events.

Diskusi Terbaru