Prinsip Prinsip Perencanaan Program BOK 2014

Sidoarjo-Dinas Kesehatan

Dalam rangka Penyusunan Perencanaan Kegiatan Program BOK tahun 2014 ada beberapa prinsip-prinsip penting yang perlu diketahui bersama.

1. Sosialisasi BOK Bagi Puskesmas.

Kegiatan sosialisasi pelaksanaan  kegiatan BOK perlu dilakukan sejak awal dan disesuaikan dengan pedoman teknis pelaksanaan BOK tahun 2014. Sosialisasi ini merupakan penyampaian tentang apa dan bagaimana BOK dari tim pengelola Kabupaten ke  Petugas Puskesmas dan pelaksana Program Dinas Kesehatan  Kabupaten Sidoarjo.

Diharapkan kegiatan sosialisasi ini menghasilkan pemahaman akan pengetahuan, keterampilan serta kepatuhan petugas puskesmas dalam menjabarkan pedoman tehnis kegiatan BOK dalam POA dan KAK program kegiatan Puskesmas.

2. Honorarium Bantuan Operasional Kesehatan Untuk PKM (BOK)

Ini merupakan bagian dari kegiatan pembayaran honor bagi pejabat operasional satuan kerja dan tim pengelola BOK dalam satu tahun anggaran. Kegiatan pembayaran honor BOK ini didasarkan pada  Surat Keputusan (SK) Operasional Satuan Kerja  Bupati  dengan organiasi satuan kerja KPA, PPK, Pejabat Pembuatan SPM, Bendahara Pengeluaran, Penanggung Jawab SAI (SAK/SIMAK) dan Penanggung jawab BOK  Puskesmas.

Pembayaran honor juga diberikan pada  Tim pengelola BOK sesuai SK Bupati yaitu ketua, sekretaris dan anggota tim pengelola dan ketua, sekretaris dan anggota tim teknis. Honor dibayarkan sebagai hasil dari penyelenggaran Bantuan Operasional Kesehatan selama tahun anggaran 2014

3. Perencanaan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK)

4. Supervisi dan bimbingan  teknis ke Puskesmas 

Ini merupakan salah satu kegiatan tim sekretariat  ke puskesmas dalam rangka tindak lanjut dari POA dan petunjuk pelaksanaan kegiatan yang telah dibuat oleh Puskesmas termasuk sistem pencatatan dan pelaporan hasil-hasil kegiatan BOK. Kegiatan ini penting dilakukan agar maksud dan tujuan, output dan outcome penggunaan dana BOK dapat sesuai dengan arah pencapaian SPM dan MDGs  yang harus dicapai pada masing-masing puskesmas.

5. Konsolidasi Ke Pusat

Kegiatan konsiolidasi ke pusat dilakukan dalam rangka  rapat koordinasi kegiatan BOK Tingkat Nasional. Dilakukan untuk  mengetahui kebijakan Pusat dan masukan-masuk dari berbagai daerah tentang pelaksanaan BOK  tahun 2014 dan rencana kerja tahun 2015.

6. Koordinasi Ke KPPN dan DJPBN sebagai Pertanggung jawaban

Kegiatan koordinasi ke KPPN dan DJPBN dalam rangka  penyerahan SPM dan Rekonsiliasi penganggaran Bantuan Operasional Kesehatan BOK. Tujuannya, realisasi anggaran sesuai dengan  realisasi Surat-Surat Pertanggung jawaban Kegiatan Bantuan Operasional Kesehatan di lakukan oleh Puskesmas dan tim pengelola BOK.

7. Laporan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK),

Ini merupakan kegiatan administrasi  (ATK, Dokumentasi Kegiatan dan pengiriman laporan) dari kegiatan operasional satuan kerja dan tim pengelola BOK dalam satu tahun anggaran.  Kegiatan pelaporan  Bantuan Operasional Kesehatan  dilakukan untuk memperlancar kegiatan Operasional Satuan Kerja  dan tim pengelola Bantuan Operasional Kesehatan selama tahun anggaran 2014.

8. Evaluasi Bantuan Operasional Kesehatan (BOK)

Kegiatan pertemuan Evaluasi Bantuan Operasional Kesehatan (BOK)  Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten. Kegiatan Evaluasi BOK ini didasarkan pada output dari kegiatan Perencanaan BOK yang telah dibuat, dalam rancangan  bentuk instrumen Monitoring dan Evaluasi(Monev) digunakan memantau perkembangan kegiatan  program yang dilaksanakan.

Disajikan sub bidang Perencanaan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo