Mengenali dan Mencegah HIV-Aids

APA ITU HIV?

Mari kita jabarkan kata perkata:

H      :     Human (Manusia)

Virus ini cuma menyebar & bekerja pada tubuh manusia.

I        :     Immunodeficiency

Immune = sistem kekebalan, deficiency = kekurangan / penurunan. HIV menyerang sistem kekebalan tubuh dengan menghancurkan sel-sel penting yang bertugas melawan penyakit. Tubuh yang kekurangan sistem kekebalan tidak dapat terlindung dari penyakit.

V      :     Virus

Virus berproduksi dengan cara mengambil alih sel tubuh yang diinfeksinya.

Pada dasarnya HIV tidak jauh berbeda dengan virus lainnya, termasuk virus influenza atau virus campak, polio dll. Namun perbedaannya adalah seiring dengan berjalannya waktu, sistem kekebalan yang ada di dalam tubuh akan mampu mengusir semua virus tersebut. Pada HIV – sistem kekebalan manusia tidak bisa membebaskan diri dari HIV. Kenapa sistem kekebalan kita bisa kalah dari HIV? Itu disebabkan karena HIV justru menyerang sel kekebalan tubuh manusia.

“HIV bukan penyebab kematian pada pengidap HIV. Virus tersebut menghancurkan kekebalan tubuh manusia sehingga rentan terhadap infeksi bakteri & virus penyakit yang tidak dapat dilawan oleh tubuh tanpa sistem kekebalan yang normal dan akhirnya mengakibatkan kematian”

Semakin lama HIV berada dalam tubuh, tubuh semakin kehilangan daya tahannya, sehingga menjadi rentan terhadap segala penyakit kondisi kritis ini disebut AIDS. Berikut adalah penjelasan mengenai AIDS.

APA ITU AIDS?

Mari kita jabarkan kata perkata

A:  Acquired

Dalam bahasa inggris berarti “diperoleh”. AIDS bukanlah poenyakit yang diwariskan, seperti layaknya penyakit yang terbawa secara genetis seperti penyakit jantung, thalassemia, dll. AIDS penyakit yang diperoleh karena tertular/terinfeksi.

I:   Immuno

Sistem kekebalan tubuh manusia untuk semua organ & sel yang bekerja melawan infeksi dan penyakit.

D:  Deficiency

Kurang. Seseorang pengidap HIV mencapai kondisi AIDS saat sistem kekebalan tubuhnya berkurang jauh dari semestinya.

S :  Syndrome

Sindrom adalah kumpulan gejala dari sebuah penyakit.