PKM Gelar Lomba Kader UKS 2014

Dinas Kesehatan-Sidoarjo

Lomba Kader Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang dilaksanakan adalah tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, termasuk Madarasah Ibtidaiyah (MI) dan Madarasah Tsanawiyah (MTs) kembali digelar Dinas Kesehatan (19/8). Kegiatan ini dibuka oleh Kabid Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat (PKM) Ida Ernani Apt, yang mewakili Kepala Dinas Kabupaten Sidoarjo Dr. Ika Harnasti.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan mengatakan  Usaha kesehatan sekolah (UKS) adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektor, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup sehat anak usia sekolah.

Seperti diketahui, anak didik adalah asset dan investasi bangsa. Mereka akan menjadi generasi penerus yang menguatkan percepatan pembangunan Nasional, khususnya pembangunan dibidang kesehatan. Oleh sebab itu, kegiatan UKS merupakan salah satu faktor pendukung yang sangat diperlukan. Anak-anak di sekolah tidak hanya perlu dibekali pengetahuan atau ketrampilan bidang kesehatan, namun harus juga mengenali perilaku hidup bersih dan sehat dalam sehari-hari.

“Dengan demikian anak didik diharapkan dapat mengenali perilaku hidup sehat sedini mungkin, dimulai dari diri sendiri, berimbas pada teman, keluarga, serta mencakup lingkungan sekitarnya minimal pada radius 500 meter,” katanya.

UKS ada bukan hanya karena lomba, tetapi harus merupakan suatu kebutuhan kita, sehingga dapat tercermin dari perilaku yang dijiwai dalam kehidupan sehari-hari.

Kader UKS

Satu upaya mempersiapkan sumber daya manusia yang mandiri di bidang kesehatan salah satu yang dapat dilakukan melalui pembentukan kader UKS di sekolah. Kader ini dapat mulai dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah lanjutan dan sederajat. Setiap sekolah, idealnya  memiliki kader UKS minimal 10 persen dari jumlah murid yang ada. Tugas kader UKS di sekolah tidak hanya untuk kebutuhan diri sendiri tetapi dapat menyampaikan pesan-pesan kesehatan pada teman, keluarga, dan masyarakat sekitarnya.

“Bila kemudian ada lomba kader UKS, salah satu tujuannya agar lebih memacu para kader untuk berperan aktif di sekolah masing-masing dan lingkungan sekitarnya.

Perlu diketahui bersama, sudah banyak prestasi yang telah diraih; baik itu  penghargaan Tingkat Provinsi maupun skala Nasional di tahun 2014. Tahun 2014 ini, Kabupaten Sidoarjo dapat meraih juara I lomba Kader UKS Tingkat Provinsi dan sekaligus juara I lomba sekolah sehat Tingkat Nasional.

“Prestasi ini merupakan hasil dan kepedulian kita bersama. Mengingat, UKS ini adalah  tanggungjawab bersama bukan tanggungjawab salah satu pihak saja. Oleh sebab itu, kita harus tetap optimis akan kemajuan UKS di Kabupaten Sidoarjo,” katanya. (cat)