SDK Gelar Seleksi Nakes Teladan

Dinas Kesehatan-Sidoarjo

Tenaga kesehatan merupakan ujung tombak dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintah daerah di bidang kesehatan. Untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat, tenu tidak hanya melalui peningkatan ketrampilan dan pengetahuan saja. Namun diperlukan pula motivasi dan pemberian reward (penghargaan) sebagai bentuk apresiasi kinerja yang baik.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Bagian Sumber Daya Kesehatan Endang Sulastri SKM, yang didampingi salah satu Kasi SDK, Yuliawati. Menurutnya, keberhasilan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya di puskesmas sangat dipengaruhi mutu tenaga kesehatan yang ada, sehingga perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan motiviasi kinerja.

Salah satu bentuk apresiasi terhadap potensi dan kreatifitas tenaga kesehatan puskesmas yaitu melalui penyelenggarakan seleksi  tenaga kesehatan teladan puskesmas. Dengan dilaksanakannya seleksi tenaga kesehatan teladan, maka diharapkan dapat  menciptakan dan memotivasi tenaga kesehatan agar memiliki budi pekerti yang luhur, profesional dengan pengabdian yang tinggi, disiplin, kreatif, inovatif, terampil, serta memegang teguh etika keprofesiannya.

“Selain itu, kegiatan ini juga untuk membangkitkan semangat  berprestasi dan bersaing sehat diantara internal profesi maupun antar profesi,” katanya.

Perlu juga diketahui, tenaga kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan atau ketrampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan seperti ditersurat dalam  UU No. 36 Th 2009 tentang Kesehatan. (*)