Layanan Konseling, Redam Jumlah ODHA

Dinkes-Sidoarjo

Sidoarjo masih memiliki kasus TB pada ODHA yang cenderung meningkat. Demikian kutipan sambutan Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo, Dr. Ika Harnasti yang dibacakan oleh Drs. Setyo Winarno MSI. Sekretaris Dinas ini menyampaikan TB adalh salah satu penyakit penyerta HIV yang kerab kali diduga menjadi penyebab kematian ODHA.

Di Sidoarjo, mulai Januari – Agustus 2015 dari 367 pasien TB yang dites HIV, terdapat 32 orang dinyatakan reaktif. Mencermati angka ini layanan harus dilakukan, terutama dengan menawarkan tes HIV pada penderita TV. Ini penting dilakukan sebagai upaya pencegahan secara dini.

 “Dinas Kesehatan telah berupaya terus menerus untuk memenuhi sarana dan prasarana dalam pelaksanaan layanan konseling dan tes HIV (KT-HIV). Salah satu diantaranya memenuhi kebutuhan reagen HIV pada tahun ini. Ditargetkan pada 2017, semua puskesmas sudah dapat melakukan layanan tes dan konseling HIV pada semua pasien TB, ibu hamil, populasi kunci, serta kelompok resiko lainnya,” katanya

Dalam sambutan tersebut juga dinyatakan dengan jejaring TB-HIV yang optimal, tentu dapatkan diharapkan adanya penurunanbeban TB pada ODHA. ( ct )

 

Anda mungkin juga suka...

Exit mobile version