Pembangunan RS Sidoarjo Barat, Pemkab Gelar Market Sounding Jaring Investor Potensial

Rencana  pembangunan Proyek Rumah Sakit di Wilayah Barat Sidoarjo memasuki babak baru. Pemkab Sidoarjo menggelar  Market Sounding Consultation yang bertempat di kantor PT Sarana Multi Infrastruktur ( SMI) , Rabu (12/4).
Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Sidoarjo Bapak H. Saiful Ilah dan dihadiri oleh Ketua DPRD Sidoarjo Bapak Sullamul Hadi Nurmawan, Kepala BAPPEKAB, Kadinkes, Kepala RSUD, Kabag umum, Kabag pemerintahan dan Kabag Hukun serta instansi Pemerintah Pusat yaitu Bappenas, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, dan LKPP.
Sejumlah nama besar, investor potensial dari berbagai bidang seperti operator dan investor sektor rumah sakit, BUMN konstruksi, penyedia alat kesehatan, facility management, perusahaan farmasi, dan penyedia fasilitas lab kesehatan terlihat antusias ikuti market sounding tersebut.
Market Sounding ini dimaksudkan untuk mengetahui ketertarikan pasar atas rencana proyek  dan  mendapatkan masukan untuk  mempertajam kajian dan strukturisasi Proyek ke depannya.
Perlunya ketertarikan dan masukan dari pelaku industri diharapkan dapat memuluskan rencana Pemkab bermitra dengan swasta melalui skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).
Market sounding proyek Rumah Sakit Sidoarjo Barat ini dimulai dengan paparan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terkait rencana pengembangan Proyeknya  dan dilanjutkan dengan diskusi interaktif dengan calon investor.
” Proyek telah mendapatkan sorotan dari masyarakat terutama di wilayah Barat Sidoarjo dan saat ini sedang dalam proses penjajakan guna mendapatkan dukungan Pemerintah Pusat dalam hal Penyiapan Proyek dan Pelaksanaan Transaksi dengan skema KPBU,” ungkap Saiful Ilah membuka paparannya.
Bupati sidoarjo; berharap proyek rsud barat dapat segera terealisasi dengan melibatkan kontribusi para pemangku kepentingan terutama sektor swasta yg berkompeten.
Kepala dinas kesehatan kabupaten Sidoarjo dr Ika Harnasti menyampaikan apresiasinya, bersyukur  market sounding yang digelar dihadiri banyak investor  potensial, baik dari dalam maupun dari luar negeri. Meski menurutnya,  belum ada kepastian untuk memilih opsi yang  ada diantara 2 opsi pilihan tersedia.
” Semoga RS barat Sidoarjo dapat terealisasi dengan prosedur sesuai aturan  yg ada secepatnya,” cetus dr Ika ini.
Rencananya, minggu depan dari kemenkes akan hadir ke Sidoarjo untuk melihat sejauh mana perencanaan proyek tersebut.
” Kemenkes kebetulan akan membuat regulasi mengenai KPBU rumah sakit, karena Sidoarjo ini merupakan yang pertama di Indonesia,” imbuhnya.
Terpisah ketua dprd Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan menyikapi forum market sounding rumah sakit Sidoarjo barat ini.
” Prinsip dprd sidoarjo selalu mendukung upaya pemkab merealisasikan proyek rsud barat,” ujar Sullamul.
Sementara itu, direktur PT SMI menyampaikan , dengan pelaksanaan market sounding hari ini dengan dihadiri banyak pihak  baik dari eksekutif, legislatif, kemenkue serta calon investor potensial, RSUD Sidoarjo barat akan bisa  dapat segera direalisasikan.
IMG-20170412-WA0072