Optimalisasi Posyandu dan TPM Binaan, Program Kesling -sanitasi Puskesmas Taman Gelar Evaluasi Rutin

Puluhan Kader kesehatan  lingkungan  wilayah pusat kesehatan masyarat (puskesmas) Taman lakukan pertemuan , dalam rangka evaluasi pelaksanaan kegiatan tahun sebelumnya  yang digelar  oleh UPT Puskesmas. Kegiatan evaluasi yang diselenggarakan melalui program kesehatan lingkungan- sanitasi puskesmas Taman ini rutin digelar, jum’at (19/5).

 

Kegiatan evaluasi rutin ini , di fokuskan pada evaluasi 1 Posyandu (pos pelayanan terpadu) 1 warung makanan –TPM (tempat pengolahan makanan) binaan. Hal ini dilakukan agar capaian kinerja Posyandu di lingkup puskesmas Taman semakin baik.Kesehatan ibu utamanya anak  menjadi generasi usia dini yang dapat memperoleh tambahan pengetahuan dan  terbentuknya kesinambungan dalam pemeliharaan kesehatan, pemenuhan gizi, pendidikan, stimulasi mental, dan psikososialnya.

 

Terkait Tempat pengolahan makanan (TPM) binaan  sejumlah 1 warung dalam lingkup kader kesehatan lingkungan ditingkat posyandu , diharapkan langkah dalam optimalisasi KIE (komunikasi,Informasi dan edukasi) mampu  menyadarkan masyarakat, terutama pemilik TPM binaan untuk berpartisipasi aktif dalam menjual makanan yang memiliki nilai gizi minimal cukup.

Dan lebih jauh, TPM (warung) binaan tidak menjual makanan yang cenderung membahayakan bagi masyarakat konsumen khususnya pada anak anak. Hal ini hanya dapat terwujud bila ditunjang dengan keadaan hygiene dan sanitasi Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) yang baik dan dipelihara secara bersama oleh pengelola  dan masyarakat.

 

Dengan demikian kualitas makanan yang dihasilkan, disajikan dan dijual oleh TPM harus memenuhi syarat-syarat kesehatan. Salah satu syarat kesehatan TPM yang penting dan mempengaruhi kualitas hygiene sanitasi makanan tersebut adalah faktor lokasi dan bangunan TPM. Lokasi dan bangunan yang tidak memenuhi syarat kesehatan akan memudahkan terjadinya kontaminasi makanan oleh mikroorganisme seperti bakteri, jamur, virus dan parasit serta bahan-bahan kimia yang dapat menimbulkan risiko terhadap kesehatan.

 

Selain melakukan evaluasi kegiatan sebelumnya, acara yang digelar program kesehatan lingkungan- sanitasi ini , juga dimaksimalkan untuk menyusun rencana kegiatan periode tahun selanjutnya.

Taman 2.1 Taman 2.3 taman 2.4