KOPISIMEL, Aktivitas Kelompok Orang Dengan Gangguan Jiwa Pada Program Kesehatan Mental Puskesmas Krian

Salah satu layanan kesehatan yang dimiliki oleh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas)  Krian adalah program layanan kesehatan mental melalui poli jiwa. Pelayanan kesehatan mental puskesmas  krian   diantaranya dengan  pemeriksaan kesehatan mental, konseling ,psikoedukasi dan pengobatan. Puskesmas Krian juga melakukan rehabilitasi psikososial selain pengobatan, diantaranya melalui latihan ketrampilan dan paduan suara,.

Salah satu bentuk kegiatan psikososial bagi penderita gangguan jiwa yang dilaksanakan puskesmas Krian adalah  melalui pertemuan Komunitas Peduli Sehat Mental (KOPISIMEL) dengan dihadiri oleh ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) , keluarga ODGJ dan Masyarakat lainnya.

“ KOPISIMEL didedikasikan untuk mencapai kesehatan mental masyarakat secara optimal ,” cetus dr Ratna Dewi Rahmawati, disela acara kopisimel minggu (21/5).

Menurut dr Ratna  panggilan akrabnya, KOPISIMEL merupakan pertemuan untuk memberi dukungan sebaya para ODGJ. Orang dengan gangguan jiwa menurut dr Ratna perlu diberikan aktivitas kelompok dalam upayanya untuk bersosialisasi dan merasa dimanusiakan.

” Nantinya, ODGJ bisa menuju mandiri dan produktif. Sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang positif,” tuturnya

Seperti yang terlihat pada acara KOPISIMEL ,minggu (21/5) lalu. Puluhan ODGJ hadir yang didampingi keluarganya terlihat antusias mengikuti kegiatan dengan fasilitator dr Ratna Dewi Rahmawati  selama kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam itu.

Diawali dengan melakukan yel yel dan  “menari”  bergerak mengikuti tayangan video dilayar proyektor , Nampak para penderita ODGJ terlihat bersemangat.

“ Ayo ikuti  gerakan yang ada dilayar,” teriak dr Ratna.

Usai “menari” ,para ODGJ kembali duduk melingkar dan satu persatu bergiliran memperkenalkan dirinya masing masing , sebutkan nama , tempat tinggal dan obat yang dikonsumsi selama ini. Selanjutnya dilakukan sesi curhat oleh masing masing ODGJ secara bergantian dengan mengungkapkan rasa “halusinasi” selama ini dan bagaimana mengatasinya. Berbagai macam ungkapan curhat dari para ODGJ , selain bergiliran juga saling dikomentari oleh para ODGJ sendiri.

 

Alur kegiatan KOPISIMEL adalah , inventaris masalah, , peserta menyampaikan masalah yang  dialami peserta menyampaikan perasaan yang muncul peserta menyampaikan  pengalaman  tidak menyenangkan dan diakhiri dengan umpan balik.

20170521_095324 20170521_100333 20170521_101344