Germas dan TSP Tiada Lelah Disosialisasikan

Dinkes-Sidoarjo

Bidang Kesehatan Masyarakat  kembali mengundang organisasi kemasyarakatan berbasis perempuan di Aula SMP 1 Negeri Sidoarjo (4/12). Dalam Pertemuan Koordinasi Gerakan Masyarakat ( GERMAS) Hidup Sehat bagi kelompok potensial ini, dihadiri sekitar 150 orang  dari perwakilan Muslimat, Fathayat dan  undangan lain.

Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan  Jawa Timur, drg. Fitria Dewi, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, dr Zuhaida M.Kes,   dan Dr. Atho’illah, Kepala Bidang P2P hadir sebagai narasumber.  germas-1

Perlu diketahui, program GERMAS merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan seluruh komponen bangsa secara bersama-sama dilandasi kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Siapa pun wajib terlibat, tidak terkecuali perusahaan. Pembangunan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat juga merupakan tanggungjawab sosial perusahaan (TSP).

germas-3Pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TSP) tiada henti disosialisasikan. Mengingat, bila setiap individu berperilaku sehat berpotensi terjaganya Kesehatan dan meningkatnya  produktivitas masyarakat. Selain itu terciptanya lingkungan bersih dan mengurangi biaya untuk berobat.

Ini penting agar tetap tercipta hubungan yang serasi, seimbang dan sesuai dengan tata nilai kemasyarakatan, norma dan budaya. Namun perlu disadari TSP bukan resep alternatif sumber pembiayaan pembangunan. Namun bisa dijadikan momentum bagi pemerintah demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Ini sudah  selaras dengan UU nomer 25/2007 tentang penanaman modal. Soal besarnya, tidak ditentukan dan tergantung komitmen perusahaan. (cat)