Kepala PKM Sedati: Kami Akan Berbenah

Dinkes-Sidoarjo

fauziKematian Iqbal membuat  Ketua komisi D H. Usman Mkes bersama beberapa anggota dewan lain berkunjung ke Puskesmas Sedati.  Dalam kunjungan tersebut ada beberapa catatan penting, diantaranya perlu ada evaluasi kinerja karyawan. ”Kalau kinerjanya buruk, berarti tidak siap bekerja. Laporkan ke dinas. Minta ganti. Cari yang siap saja,” tegas H. Usman.

Selain itu, hasil peninjauan,  kebutuhan tenaga medis dan non-medis belum optimal. Misalnya, sopir ambulans tidak siap 24 jam. Tenaga dokter kurang, hanya ada 5-6 dokter. Puskesmas harus melakukan pembenahan dan mempersiapkan dokter jaga di UGD.

Memang belum banyak dokter kurang berminat bekerja di puskesmas. Sebab, gaji yang diterima masih minim dari asas kepatutan; sekitar Rp 2,5 juta per bulan. Masalah gaji tenaga dokter perlu ada perubahan agar sesuai strata pendidikannya. ”DPRD  akan bahas ini,” janjinya.

Kepala Puskesmas Sedati drg Fauzi Bassalamah, ”Kami bakal berbenah.  Rekomendasi  DPRD Sidoarjo  akan ditindaklanjuti. Begitu pula saran pendekatan dengan keluarga pasien dan menyelesaikannya. (catur).