Dinkes Sosialisasikan Pencegahan Hepatitis lewat Radio Suara Sidoarjo

Dinkes-Sidoarjo

IMG-20190712-WA0000Dinas Kesehatan Sidoarjo bidang Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit (P2P) dan Bidang Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga ( Kesling-KesjaOr)  melakukan sosialisasi dan pemberian wawasan kepada warga Sidoarjo melalui Radio Suara Sidoarjo, (11/7).

Siaran di radio milik pemerintah itu, dr. Atho’illah  ( Kabid P2P) dan Supaat Septia Hadi, Mkes ( Kasi Kesling-KerjaOr) berkesempatan menjelaskan kondisi kesehatan di wilayah Sidoarjo relatif aman dari ‘virus’ Hepatitis A.  Wilayah yang dipimpin Bupati H. Saiful Ilah SH,Mhum ini tidak seperti beberapa daerah lain yang sedang mengalami KLB Hepatitis A.

“Kami tetap waspada dan tetap melakukan check richek melalui koordinasi dengan seluruh Puskesmas,  kader-kader kesehatan plus tokoh-tokoh masyarakat.  Selain itu perlu diketahui, Hepatitis A bisa disembuhkan dan dicegah bila kita semua menyadari pentingnya pola hidup sehat dan menjaga kesehatan lingkungan,” kata dr. Atho’illah.

Ini dibenarkan oleh Supaat Septia Hadi Mkes. Kesehatan lingkungan sangatlah penting dan merupakan modal penting bagi pencegahan penyakit.  Termasuk hepatitis A, bisa dicegah dengan kualtias air dan hygiene sanitasi makan yang baik. Tidak hanya itu, membiasakan cuci tangan pakai sabun sebelum makan dan sesudah BAB perlu diperhatikan atau dilakukan. (cat)