Mudik Lebaran,  Animo  Masyarakat Sidoarjo Minta Vaksin Booster  Meningkat

Kepala Dinas Kesehatan Kab Sidoarjo,  drg Syaf Satriawarman mengatakan animo masyarakat Sidoarjo untuk bisa mendapatkan vaksinasi Booster atau vaksinasi covid-19 ke-3, dievaluasi terus meningkat.

 Apalagi ditambah ada pernyataan dari Presiden Joko Widodo, belum lama ini,  yang menyatakan saat mau mudik lebaran tahun 2022 ini,  masyarakat sudah harus mendapatkan vaksinasi Booster. 

“Untuk melayani masyarakat mendapatkan vaksinasi booster,  kita sudah tekankan kepada Puskesmas dan klinik swasta di Kab Sidoarjo agar  siap melayani,” komentar drg Syaf, Kamis (31/3) kemarin. 

Untuk jumlah Puskesmas dan klinik swasta di Kab Sidoarjo yang akan siap melayani,  jumlah total  semuanya ada 99 titik.  Sesuai ketentuan yang ada, semua gratis tidak ada biaya. 

Pada Kamis, 31 Maret, kemarin,  petugas Dinas Kesehatan Kab Sidoarjo, lanjut drg Syaf,  juga  melakukan kegiatan jemput bola memberikan vaksinasi Booster ini kepada masyarakat,  yang ditempatkan di Lippo Plaza,  jalan Pahlawan Sidoarjo. 

Dari catatan pihaknya, sampai saat ini jumlah masyarakat Sidoarjo yang sudah terlayani vaksinasi Booster ada sebanyak 211.327 jiwa atau 13.09%.  Sedangkan untuk vaksinasi dosis ke-1, sebanyak 1.510.108 jiwa atau 93.53%. Dan untuk vaksinasi ke-2 sebanyak 1.326.725 jiwa atau 82.17%.

Syaf juga mengatakan,  pada Kamis 31 Maret itu,   Dinas Kesehatan Kab Sidoarjo juga mengumpulkan pihak Puskesmas di Kab Sidoarjo dan klinik swasta di Kab Sidoarjo terkait kesiapan mereka dalam memberikan  layanan vaksinasi Booster atau vaksinasi ke-3.

Sebagaiman diketahui, Presiden Joko Widodo, dalam keterangannya lewat rilis yang dikeluarkan pada 23 Maret 2022,  mengatakan bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik lebaran juga dipersilakan, juga diperbolehkan.

 Dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster, serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.(*)