Dinkes-Sidoarjo

toga-1Ada yang menarik mewaranai Hari Kesehatan Nasional ke 54 di Sidoarjo. Usai memimpin upacara, Bupati Sidoarjo H. Saiful SH. Mhum berada di stan penyedia minuman olahan tanaman obat keluarga (toga).

Kasi Pelayanan Kesehatan Tradisional, Emi Sriwahyuni, menceritakan Abah Saiful sempat mencicipi minuman Jare Lejar racikan Farhiya Muawanah. Ramuan ini ‘inovasi’ ini khasiatnya untuk menurunkan kolesterol. “Enak rasanya di tenggorokan dan hangat,” itulah komentar Bupati Sidoarjo.

Selain mensajikan minuman Jare-Lejar Bidang Yankestrad juga menyediakan minuman  tradisional Segar Raga (Sehat Bugar dengan Ramuan Toga), Beras  Kencur, Kunyit asam, Wedang Pokak Khas Desa Tlasih yang disajikan PKM Kepadangan. Semua itu salah satu upaya mengenalkan minuman tradisional.

Begitulah ungkap Emi Sriwahyuni. “Ini dilakukan tidak hanya untuk orang dewasa saja. Anak-anak juga perlu dikenalkan minuman sehat berbasis tanaman obat keluarga ini,” katanya.jabon-3

“Kami tiada henti mendorong masyarakat memanfaatkan toga agar mereka bisa menikmati nilai ekonomis dari olahan minuman toga. Mengingat tanaman ini bisa diolah kembali. Misalnya, cuka blimbing wuluh, manisan cabe dengan cita rasa kurma hingga es krim, atau puding daun kelor, sirup bunga asoka. (cat)

Related Post

Agenda

There are no upcoming events.

Diskusi Terbaru