Profil Puskesmas Taman

 Selayang Pandang

Kepuasan Masyarakat adalah Semangat Kerja Kami. Itulah spirit yang tertanam dalam diri setiap pelakasana kinerja di Puskesmas Taman. Pusat kesehatan masyarakat yang ada sejak 1968 itu, kini sudah tumbuh dan berkembang seiring dinamika kawasan bisnis segitiga emas Sidoarjo-Surabaya-Gresik. Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo tersebut berdiri di Jalan Raya Ngelom No. 50 Taman Sidoarjo.

Puskesmas Taman perlahan-lahan telah berubah dan berkembang sebagai Puskesmas Rawat Inap terbesar di Sidoarjo. Pembangunan gedung baru di tahun 1994 serta Rehab bangunan UGD dan Rawat Inap di tahun 1999 yang diresmikan Gubernur Jawa Timur Basofi Sudirman merupakan titik pijak semua itu. Dan tahun 2004, Puskesmas ini dinobatkan sebagai satu-satunya Puskesmas berstatus swadana di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Sebuah proyek percontohan swakelola puskemas dan bisa ditiru oleh puskesmas lain di wilayah ini.

Warga kecamatan Taman yang tersebar di 15 desa, tidak sedikit yang telah menikmati layanan Puskesmas ini. Spirit ‘pelayanan prima’ yang diemban telah terbukti memberi rasa aman, nyaman atau ketenangan pasien dan keluarganya selama proses pengobatan. Semua itu tak hanya dirasakan saat pasien menjalani rawat jalan saja. Namun juga dikala pasien memerlukan rawat inap serta persalinan. Semua ditangani secara profesional dan bertanggung jawab.

Tekad memberikan terbaik dan menjaga kepuasan pasien beserta keluarganya pun mendapat apresiasi positif. Dengan dukungan komitmen Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Tim Manajerial dan seluruh Tenaga serta staf; sejak tanggal 2 April 2007 Puskesmas Taman pun menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2000. Dan upaya meningkatkan mutu kesehatan dan menjamin mutu tersebut mendapat pengakuan secara resmi oleh Badan Sertifikasi SUCOFINDO, tbk dengan Sertifikat No. QSC 00596 tanggal 15 November 2007.

Bahkan saat ada perubahan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 ke ISO 9001:2008, seluruh jajaran Puskesmas Taman terus berupaya meningkatkan mutu dengan upgrade sistem dan melakukan renewal atau perpanjangan sertifikasi ISO 9001:2008 melalui Badan Sertifikasi USR.

Kini Puskesmas Taman yang diperkuat oleh Dokter Umum (6), Dokter Gigi (2), Bidan (16), perawat (27) asisten apoteker (4), Tenaga Gizi ( 3) dan Tenaga Kesmas (2) siap untuk melayani:

1. Poli Umum

2. Poli TB dan Kusta

3. Poli Gigi

4. Poli Hamil dan Kandungan (Spesialis Obsgyn)

5. Poli KB (Keluarga Berencana)

6. Poli MTBS

7. Pemeriksaan Penunjang Laboratorium

8. Pojok Gizi

9. Rawat Inap Persalinan dan Kandungan/RIPK

10. Rawat Inap Umum/RIU

Selain itu, Puskesmas Taman juga berupaya mengembangkan misi:

1. Pelayanan kesehatan yang bermuara pada kegiatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

2. Pelayanan kesehatan yang sesuai persyaratan pelanggan dan terjangkau.

3. Pelayanan kesehatan profesional dan bertanggung jawab.

4. Mengoptimalkan semua sumber daya yang dimiliki.

Semua ini merupakan pegangan dalam rangka memperluas jangkauan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan demi memelihara derajat kesehatan masyarakat di wilayah padat industri dan rawan kecelakaan ini. Termasuk dalam rangka pembinaan peningkatan fungsi UKBM (upaya kesehatan bersumber daya masayarakat), sampai terciptanya kesadaran tentang pentingnya kesehatan lingkungan, perbaikan gizi masyarakat dan kesehatan ibu-anak.

Perlu diketahui, menurut data BPS tahun 2012 di wilayah ini ada sekitar 156.077 jiwa atau 42.004 rumah tangga. Warga yang bekerja di sektor industri tercatat lebih banyak daripada jumlah buruh tani, PNS atau jenis pekerja lainnya. Oleh karena ini beberapa penyakit terkait kesehatan lingkungan dan polusi udara memperoleh perhatian khusus; seperti ISPA atau penyakit lainnya seperti diare, Tipus, atau DBD. (*)

Anda mungkin juga suka...

Exit mobile version