Bupati Sidoarjo Pimpin Upacara HKN ke-49

JKN Pijakan Menuju Indonesia Sehat

Seluruh jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, selasa (19/1) berkumpul di alun-alun kota, mengikuti acara puncak HKN ke-49.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH.MHum tampak hadir dan memimpin upacara bertajuk Indonesia Cinta Sehat itu. Begitu pula seluruh kepala SKPD, unsur pimpinan DPRD Sidoarjo, Wakil Bupati H. MG. Hadi Sutjipto SH.Msi, kepala puskesmas dan beberapa perwakilan  instansi terkait.

Dalam sambutannya, Bupati H. Saiful Ilah SH. MHum mengatakan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 49 tahun ini, merupakan bagian dari momentum besar dalam upaya pembangunan kesehatan negeri ini. Mengutip ungkapan Menkes RI dr. Nafsiah Mboi, Sp.A., MPH, pembangunan kesehatan di negeri ini akan ditandai adanya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Program Jaminan Kesehatan Nasional Bermutu itu akan diselenggarakan mulai 1 Januari 2014. Inilah tonggak sejarah menuju masyarakat Indonesia yang sehat, mandiri dan berkeadilan. Oleh karena itu, program ini diharapkan mampu mendorong segenap komponen bangsa bergerak menuju Indonesia Sehat.

Usai memimpin upacara, Bupati Sidoarjo juga memperoleh kesempatan menyerahkan piagam Bintang Keamanan Pangan dari Badan POM kepada Sari Bakery dan Tropi juara I kepada pemenang lomba yang diselenggarakan untuk memperingati HKN ke-49. Menurut catatan pa-nitia ada 18 jenis lomba yang dilaksanakan, diantaranya lomba Evaluasi kinerja de-sa UPGK berprestasi Tingkat Kabupaten Sidoarjo, lomba LBSI (6-24 bulan dan 25-60 bulan), lomba Ibu ASI, bidan teladan dan lain-lain.

Diakhir acara resepsi puncak peringatan HKN ke-49 ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Sidoarjo yang diberikan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dr. Ika Harnasti. (c)