PKM Gelar Pemeriksaan dan Pelatihan Kader Cilik

Sidoarjo-Dinas Kesehatan

Bidang  Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat (PKM) Dinas Kesehatan Sidoarjo melakukan pelatihan kader cilik dan pemeriksaankesehatan terhadap ratusan murid SD Negeri di kecamatan Wonoayu. Acara  yang terkait dalam program Japfa 4 Kids tersebut, dilaksanakan atas kerjasama dengan PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk.

Kegiatan  yang dihadiri Wakil Bupati Sidoarjo M.G. Hadi Sucipto SH. MM, Kepala Dinas Kesehatan Dr. Ika Harnasti dan jajaran terkait itu, merupakan serangkaian upaya penguatan kesadaran anak didik tentang pentingnya gizi dan nutrisi.  “Anak adalah aset dan sekaligus investasi terpenting dalam kehidupan suatu bangsa. Mengingat anak merupakan sumber daya manusia pembangunan masa depan,”Kata Wakil Bupati H. MG. Hadi Sucipto SH.MM.

Hadi Sucipto juga menambahkan, membekali pengetahuan pentingnya pemenuhan gizi dan nutrisi kepada anak merupakan hal cukup penting. Termasuk membiasakan anak berperilaku hidup sehat sejak dini. Dengan pemahaman ini, dalam jangka panjang bisa diharapkan anak atau orang akan semakin menyadari bahwa kesehatan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja. Oleh karena itu, peran serta dari institusi sekolah  memberi pengetahuan perilaku hidup sehat kepada anak didik tentu akan sangat mendukung terciptanya budaya itu secara berkesinambungan.

“Perlu diketahui bersama, Sidoarjo kini sedang mempersiapkan diri untuk menjadi kabupaten UKS Paripurna  pada tahu 2017. Beberapa kali Sidoarjo sudah meraih penghargaan dan prestasi tingkat nasional terkait berbagai lomba lingkungan sehat tingkat TK/RA. Bahkan di tahun ini, Sidoarjo telah ditunjuk mewakili Jatim untuk mengikuti lomba lingkungan sehat tingkat nasional untuk tingkat SMP/Mts,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat (PKM) Dra. Ida Ernani Apt menjelaskan, kegiatan pemeriksaan dan pelatihan itu secara keseluruhan diikuti 867 siswa. Khusus pelatihan diberikan materi tentang apa dan bagaimana pola hidup bersih dan sehat, P3K, pengetahuan tentang gizi serta makanan sehat. (ct)