Kesga Tiada Henti Masyarakatkan ASI Eksklusif

Sidoarjo-Dinas Kesehatan

Mengingat besarnya manfaat pemberian ASI bagi bayi, keluarga, masyarakat, dan Negara, Dinas Kesehatan kabupaten Sidoarjo memandang perlu membudayakan pemberian ASI eksklusif kepada masyarakat. Salah satu cara pemberdayaan ini adalah dengan mengadakan Lomba Ibu ASI. Lomba Ibu ASI diikuti oleh 26 Puskesmas yang masing-masing mengirim 1 peserta yang sudah diseleksi dan menang di tingkat puskesmas.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dr. S. Idong Djuanda, saat ini membangkitkan kesadaran masyarakat untuk memberikan ASI kepada bayi perlu ditingkatkan. Mengingat dengan meningkatnya peran serta masyarakat dalam pemberian ASI dimungkinkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sejak dini dan menurunkan angka kesakitan dan kematian bayi.

“Menjaga dan menjadikan balita tetap sehat berkualitas, perlu dilakukan berkesinambungan. Bidang Pelayanan Kesehatan seksi Kesehatan Masyarakat tiada henti mencermati hal tersebut agar jumlah kesakitan dan kematian bayi secara proporsional,”katanya saat didampingi Kasi Kesehatan Keluarga (Kesga) Endah Setyowati, SKM.M.M.Kes.

Selain itu juga diungkapkan bagi bayi ASI, adalah makanan yang paling sempurna dimana kandungan gizi sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi yang optimal. ASI mengandung zat yang dapat menunjang tingkat kecerdasan, kekebalan dan dengan pemberian ASI dapat terjalin ikatan cinta kasih antara bayi dan ibu.

Selain itu manfaat menyusui /memberikan ASI bagi ibu tidak hanya sebagai ungkapan kasih sayang tetapi juga dapat mengurangi/menekan terjadinya perdarahan setelah melahirkan, menunda kehamilan, dan mengurangi resiko terkena kanker payudara. (ct)

Pemenang LBSI Kelompok Umum 6-24 bulan

Juara I Aufi Nadzifah         PKM Taman

Juara II Berlian Afia           PKM Krian

Juara III Faesya Julian      PKM Tanggulangin

Pemenang LBSI Kelompok Umum 25-60 bulan

Juara I M. Aufa Nadzifah   PKM Candi

Juara II Ibnizatus Safira    PKM Kedungsolo

Juara III Atika AR                 PKM Prambon

 Pemenang Lomba Ibu ASI

Juara I Ny. Semesta Alamia      PKM Krembung

Juara II Ny. Wuri                        PKM Candi

Juara III Ny. Jauharoh               PKM Waru