Kabupaten Sidoarjo Giatkan Taman Posyandu

Sidoarjo-Dinas Kesehatan

Taman Posyandu merupakan salah satu program Pemerintah Propinsi Jatim yang terus dikembangkan di Sidoarjo.  Untuk mewujudkan generasi yang unggul, sehat, cerdas, dan mandiri difokuskan pada pemantauan tumbuh kembang balita yaitu melalui kader  dengan mengoptimalkan  kinerja Posyandu. Layanan di Posyandu tidak hanya kesehatan tetapi secara integral dipandukan untuk layanan pengasuhan dan pendidikan.

Dalam rangka optimalisasi Program Taman Posyandu,  Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo melakukan evaluasi dan sekaligus penguatan kegiatan sosialisasi serta pemantapan wawasan bagi kader-kader kesehatan dan sebagai pelaksana adalah pendamping. Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut para pendamping Taman Posyandu dari 18 kecamatan, tokoh masyarakat, kader kesehatan dan lembaga swadaya masyarakat.  Perlu diketahui, kini sudah ada sekitar 374 Taman Posyandu.

Hadir pula dalam kesempatan ini, Wakil Ketua II Tim Penggerak Kabupaten Sidoarjo Ny. Vino R. Muntiawan. Dalam sambutannya, dikatakan  “Taman Posyandu merupakan salah satu wahana penting bagi anak dan ibu untuk belajar memahami pentingnya pendidikan usia dini, termasuk pengetahuan tentang gizi yang seimbang dan berkualitas.

Menurut Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat (Promkes) Dra. Ida Ernani Apt yang didampingi Endang Sawitri, Taman Posyandu dalam pelaksanaannya tetap mendayagunakan kader-kader kesehatan, kader BKB dan Bunda PUAD.  Sasarannya adalah anak usia 0-2 tahun serta orang tua asuh.

Balita atau anak yang datang ke Taman Posyandu akan menikmati kegiatan bermain mingguan; anak-anak ditimbang dalam keadaan riang; dan kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi tumbuh-kembang anak usia dini. Dalam Taman Posyandu juga ada kegiatan pembinaan orang tua secara teratur dan terencana, serta  tambahan ilmu terkait dengan PAUD. Dengan adanya kelengkapan aktivitas terpadu di Taman Posyandu ini, diharapkan anak bisa tumbuh sehat, kuat, cerdas, ceria, dan berbudi luhur. Begitu pula secara fisik, mental, emosional, dan sosial.

Dinas Kesehatan pemerintah kabupaten Sidoarjo dan seluruh jajaran terkait TP PKK, Dinas Pendidikan dan BPMPKB untuk  merealisasikan program sinergi yang disebut Taman Posyandu ini. Tujuannya, agar generasi usia dini dapat memperoleh tambahan pengetahuan dan  terbentuknya kesinambungan dalam pemeliharaan kesehatan, pemenuhan gizi, pendidikan, stimulasi mental, dan phsikososial.  (tac)