Guru PAUD – SMP, Ikuti Kampanye Imunisasi MR Puskesmas Taman

Bertempat di ruang Amaryllis Pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) Taman, secara marathon digelar sosialisasi rencana imunisasi Measles Rubella (MR) serentak pada bulan Agustus –september 2017 mendatang. Sosialisasi dan kampanye imunisasi MR puskesmas Taman ini dihadiri para guru Pendidikan anak usia dini (PAUD), Taman Kanak (TK), Sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama ( SMP) sewilyah kerja puskesmas Taman dari hari senin (22/5) hingga Selasa (23/5).

Dr Zuhaida  kepala puskesmas Taman menyampaikan, Imunisasi MR diberikan untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan.

“Pemberian imunisasi merupakan upaya kesehatan masyarakat yang terbukti paling cost-effevtive serta berdampak positif untuk mewujudkan derajat kesehatan ibu dan anak di Indonesia,” ujar dr Zuhaida

Lebih jauh kepala puskesmas Taman ini menyampaikan, kampanye imunisai MR adalah suatu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan  <15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

“ Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian,” tandas kepal puskesmas Taman ini.

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai CRS (congenital Rubella Syndrome), yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus. Imunisasi MR diberikan untuk semua anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun selama kampanye Imunisasi MR bulan Agustus – September 2017.

“Ayo, lindungi buah hati Anda dari kesakitan, kecacatan, dan kematian karena penyakit Campak

dan Rubella “

Anda mungkin juga suka...

Exit mobile version