Jelang Hari Raya, Dinkes Sidak Mamin Bareng Bupati

Menjelang lebaran, Kepala dinas kesehatan dr Ika Harnasti  bersama  Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum lakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) Makanan dan Minuman (Mamin) dibeberapa Supermarket yang ada di Sidoarjo. Sidak dilakukan untuk memantau Mamin yang kadaluarsa. Hal tersebut juga dilakukan untuk memberikan rasa aman masyarakat Sidoarjo yang akan memenuhi kebutuhan lebaran, selasa (12/6) lalu.
 Selain itu, nampak ikut sidak tersebut Ketua DPRD Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan , Dandim 0816 Sidoarjo Letkol. Inf. Fadli Mulyono serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sidoarjo Feny Apridawati SKM,M.Kes.
Dari hasil Sidaknya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah pastikan tidak ada Mamin kadaluarsa yang dijual di empat tempat tersebut. Sidak pertama dilakukan di Spar Supermarket Mall Ramayana Sidoarjo. Ditempat tersebut ia hanya mendapati beberapa makanan yang kemasannya rusak. Seperti roti kemasan kaleng yang pesok.
Mendapati hal tersebut ia menyuruh pengelola Supermarket untuk menarik makanan tersebut. Dalam Sidaknya kali ini ia juga menjumpai makanan  yang kadaluarsanya hampir habis. Ia meminta kepada pengelola Supermarket untuk memperhatikan masa kadaluarsa Mamin yang dijualnya. Ia berpesan agar pengelola Supermarket tidak teledor menjual Mamin kadaluarsa.
Usai di Spar Supermarket Mall Ramayana Sidoarjo, rombongan menuju Hero Supermarket Sidoarjo. Ditempat tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berkeliling mengecek masa kadaluarsa berbagai produk Mamin. Satu persatu produk makanan maupun minuman yang tertata rapi di rak ia ambil dan lihat masa kadaluarsanya. Kemasan parcel lebaran yang dijual di Supermarket tersebut tidak luput dari pantauannya. Ia minta pengelola Supermarket untuk membongkar parcel tersebut. Satu persatu produk Mamin dalam parcel tersebut di lihat masa kadaluarsa.
Usai di Hero Supermarket Sidoarjo, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menuju Hypermart di Lippo Plaza Sidoarjo. Hal yang sama dilakukan ditempat tersebut. Dengan telaten ia berkeliling untuk mengecek  masa kadaluarsa Mamin.
Sekali lagi ia pastikan bahwa tidak ada Mamin kadaluarsa yang dijual ditempat tersebut. Tempat terakhir yang ia kunjungi adalah toko makanan ringan Rumah Snack Mekarsari yang berada di Perumahan Pondok Jati Sidoarjo.
Berbagai makanan ringan atau camilan berbagai kemasan dijual ditempat tersebut. Ditempat tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga tidak mendapati makanan kadaluarsa yang dijual pemilik toko.
“Yang kadaluarsa tidak ada cuma penyok-penyok dan masa kadaluarsanya segera habis,”ujarnya.
Senada dengan bupati , kepala dinas kesehatan Sidoarjo , dr Ika Harnasti  juga menghimbau kepada konsumen untuk meneliti sebelum membeli. Ia meminta kepada masyarakat untuk melihat masa kadaluarsa Mamin yang akan dibelinya. Dengan begitu masyarakat tidak akan dirugikan dengan barang yang dibelinya.
” Sidak tadi untuk mengantisipasi ma min yang tidak   layak dikonsumsi,karena dalam menyambut hari Raya Idul Fitri tentunya banyak parcel dibuat serta tawaran turun harga. Konsumen harus jeli dalam membeli, ” ungkap dr Ika.
Menurutnya, yang harus dilakukan seperti  melihat tanggal kadaluarsa (ED), ijin, kemasannya, label dan lainnya
IMG_6500 IMG_6510 IMG_6647