PHBS di Kalangan ASN Sidoarjo Terindikasi Kurang

Dinkes-Sidoarjo

Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) terindikasi masih kurang di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN). Begitulah hasil evaluasi ‘Posbindu’ yang dilakukan Puskesmas Kota  dari lima kegiatan pemeriksaan kesehatan di sejumlah OPD di Sidoarjo;

Kegiatan Posbindu ini terasa cukup penting. Bila PHBS kurang  diperhatikan, , salah satu dampaknya bisa memicu munculnya Penyakit Tidak Menular (PTM). Seperti kolesterol, asam urat, diabetus Milietus, stroke, jantung, hipertensi dan kanker.

“Jangan abaikan meski penyakit ini tidak menular, maka itu sebelum terlambat harus kita cegah dengan menjalani perilaku hidup bersih sehat,” kata  Kepala Puskesmas Sidoarjo, dr Hinu Tri Sulistijo Rini Ririn, (5/4) usai melaksanakan  kegiatan pemeriksaan kesehatan Posbindu di lingkungan Dinas Kominfo Kab Sidoarjo.

Beberapa OPD lain yang telah menjalani pemeriksaan Posbindu diantaranya Lingkungan Sekretariat Daerah dan Bappeda. Kegiatan ini akan terus berlanjut pada OPD lain berada di wilayah Kec Sidoarjo.

PHBS merupakan cara mudah untuk menghindarkan dari penyakit tidak menular.  Pasalnya aktivitas PHBS menganjurkan setiap orang untuk  banyak makan sayur dan buah; harus rutin olah raga, jangan merokok dan minuman beralkohol; jangan makan daging berlebihan, istirahat dan tidur cukup, hindari stres, banyak minum air putih, kurangi makan gorengan, kurangi gula, santan dan asin. Setelah itu harus rutin lakukan periksa kesehatan, agar kita segera tahu kondisi kesehatan. (catur)