Posbindu PKM Sidoarjo Kota di Diskominfo

Dinkes-Sidoarjo

asnAda beberapa giat pemeriksaan kesehatan Posbindu pada ASN di Diskominfo Sidoarjo dilakukan Puskesmas Kota, (5/4) diantaranya menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, lingkar badan, tekanan darah dan cek darah.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan diketahui hasilnya, petugas akan memberikan saran. Misalnya  pentingnya olah raga secara rutin, kurangi konsumsi gula, santan, asin, makan sayur, buah, dan jangan merokok. Selain itu juga disarankan pentingnya melakukan kriteria-kriteria lain yang masuk dalam perilaku hidup bersih sehat (PHBS).

Linda, salah satu petugas di Puskesmas Sidoarjo saat mendampingi Kepala Puskesmas Sidoarjo, dr Hinu Tri Sulistijo Rini Ririn mengatakan,  Posbindu di kalangan ASN Pemkab Sidoarjo dilakukan untuk mendeteksi adanya potensi  gangguan  kesehatan dan upaya pencegahan agar tidak berdampak  pada penyakit tidak menular.

Di tahun 2019 ini, kegiatan Posbindu  dilakukan setiap  Jum at pagi, setelah ASN menjalankan agenda senam pagi rutin.  Dalam sebulan ditargetkan akan melakukan kunjungan pemeriksaan kesehatan di empat OPD. “Pada tahun 2019 ini, telah kita mulai pada Bulan Pebruari lalu,” kata Linda.

Sementara Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Diskominfo Sidoarjo, Evi Rupitasari SH MSi, menceritakan, kegiatan pemeriksaan Posbindu perlu dilakukan secara berkelanjutan. Mengingat  tujuan dan dampaknya sangat penting bagi kesehatan para ASN.

“Dengan aktivitas Posbindu ini, para ASN akan bisa tahu dan bisa menjaga diri agar tak sampai sakit. Mereka bisa mendeteksi kesehatannya sehingga bisa mencegah dan diobati. Bila sakit tentu saja akan berdampak pada kerja ASN, sehingga menjadi tidak maksimal,” kata Evi usai melakukan cek kesehatan. (catur)