Sidoarjo ‘Zero’ Hepatitis A

Dinkes-Sidoarjo

dr syafSidoarjo aman dari hepatitis A. “Saat ini, belum ada laporan terkait adanya penyakit hepatitis A alias zero,”. Ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Mojokerto, drg Syaf Satriawarman Sppros, (1/7) di ruang kerja didampingi Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, dr. Zuhaida Mkes.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Dinkes Sidoarjo, dr Atok Illah. Untuk sementara memang belum ditemukan kasusnya hepatitis A. Dalam penanganan Hepatitis A, bagi pasien yang masih tidak mengalami persoalan makan dan minum, cukup dilakukan rawat jalan, jika tidak bagus harus rawat inap. Perlu juga diketahui, hepatitis A bisa sembuh total. Berbeda dengan yang kondisi virusnya carier terus, jadi perlu istirahat total atau bed rest yang utama,” katanya.

Solusinya, bila diketahui ada gejala hepatitis seperti di daerah-daerah lain maka perlu dilakukan Penyidikan Epidemiologi (PE) dan dilakukam pemeriksaan sampling air atau makanan serta sanitarian.

Untuk mengurangi dan menghidari potensi adanya gejala hepatitis, diharapkan masyarakat wajib berperilakulah hidup bersih dan sehat. (cat)