Dinkes-Sidoarjo

Rabu pagi, (21/8) tim penilai Kelompok Asman Pemanfaatan Toga dan Akupresur Provinsi Jawa Timur kunjungi   Sidoarjo. Tim penilai  diterima Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sidoarjo DR. Heri Soesanto, S.H., MH, didampingi Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan dr.  Idong Djuanda di Pendopo Delta Wibawa.

IMG-20190823-WA0004Dipimpin Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Jatim Dra. Elmi Mufidah, Apt., M.Kes, tim penilai melakukan verifikasi  lapangan; bersama  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Pemberdayaan asyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur serta Biro Kessos. Dalam kesempatan itu, tim dari jajaran propinsi juga menggandeng Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional Jatim dan Lab Herbal Material Medical dalam melakukan penilaian.

Dalam kesempatan itu, Elmi Mufidah mengatakan pemerintah propinsi  Jatim menggalakkan kegiatan kelompok pemanfaatan Toga di berbagai desa di Jatim  sebagai upaya preventif dan promotif pencegahan penyakit. Masyarakat sudah saatnya mandiri dan diberi pengetahuan cara  memanfaatkan tanaman obat keluarga (Toga).  Selain itu pijat yang sudah membudaya dimasyarakat dikenalkan kembali untuk mengatasi gangguan kesehatan ringan.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sidoarjo Heri Soesanto juga tampak mengikuti kegiatan tersebut. Dalam kesempatan itu disampaikan, di Sidoarjo ada 78 kelompok Asman yang  tersebar di 18 kecamatan.

IMG-20190823-WA0005Tahun ini kelompok Asman Aloevera Desa Jemundo diusulkan mengikuti lomba Kelompok Asman Pemanfaatan Toga dan Akupresur tingkat Provinsi Jatim. Kelompok ini  merupakan juara pertama tingkat di Kabupaten. “Semoga kegiatan ini mampu mendorong berkembangnya pelayanan kesehatan tradisional di Sidoarjo.

Sementara  itu, Kepala Bidang Pelayanan IMG-20190823-WA0008Kesehatan Dinas Kesehatan dr.  Idong Djuanda mengatakan semakin ke depan pengobatan semakin mahal. Oleh karenanya pemanfaatan Toga harus betul-betul ditingkatkan. Begitu pula keberadaan kelompok Asman Toga juga harus dapat dimaksimalkan. Dengan begitu taraf kesehatan masyarakat Sidoarjo semakin tinggi. (cat)

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Agenda

There are no upcoming events.

Diskusi Terbaru