Kelompok Asman Jemundo Hantar Bupati Terima Penghargaan Gubernur Jatim

Dinkes-Sidoarjo

gub1 Khofifah Indar Parawansa menyerahkan piagam penghargaan  kepada Bupati Sidoarjo Saiful Ilah seusai Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur Ke-74, di halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya,  (12/10).

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menetepkan Desa Jemundo – Kec. Taman sebagai kelompok Asuhan Mandiri terbaik Juara 1 kategori wilayah Perdesaan Se-Jawa Timur. Kelompok ini terpilih karena inovasi  dalam memberikan Pelayanan Kesehatan secara Tradisional melalui pemanfaatan Tanaman Obat (TOGA) dan Akupresur (teknik pengobatan tradisional).

Tanaman TOGA yang dikembangkan Kelompok Asuhan Mandiri Desa Jemundo telah memenuhi tiga indikator penilaian, pertama indikator masukan, indikator proses dan indikator keluaran.

gub2“Bedasarkan hasil survey dilapangan dan wawancara yang dilakukan oleh tim penilai dari Dinas Kesehatan Pemprov Jatim, pengaruh dari kelompok Asuhan Mandiri Desa Jemondo ini mampu menggerakkan masyarakat untuk terlibat dalam penanaman TOGA, selain itu masyarakat sekitar juga memanfaatkan langsung tanaman TOGA tersebut untuk kebutuhan kesehatan sehari-hari”, ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo drg. Syaf Satriawan.

Bupati Sidoarjo mengaku bangga. “Ini suatu prestasi yang sangat membanggakan bagi kami, dan kami ucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang selama ini sudah bekerja keras sehingga kelompok Asuhan Mandiri Desa Jemundo ini mampu meraih prestasi. Semoga prestasi ini bisa lebih meningkat lagi di tingkat nasional,” ujarnya. (cat)