Pedagang dan Pekerja Mall di Sidoarjo di Vaksin Covid-19

Foto : Kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Lippo Plaza Mall
Foto : Kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Lippo Plaza Mall

Pedagang dan pekerja yang ada di kawasan Lippo Mall Sidoarjo,  dalam Bulan Mei ini, akan segera mendapatkan vaksinasi untuk pencegahan Covid-19 dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo.

Di salah satu Mall terbesar di tengah Kota Sidoarjo ini,  Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo akan mempersiapkan quota sampai 300 orang yang akan divaksin.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten  Sidoarjo, dr. M.Ato’ illah, MM,  mall juga termasuk menjadi target vaksinasi Covid-19,  sebab di kawasan ini mobilitas dan interaksi warga masyarakat dianggap cukup tinggi.

“Maka itu, kita sebelumnya juga sudah melakukan vaksinasi di mall yang lain, yaitu kawasan Lippo Plaza Mall,” kata dr. Ato’llah, Senin (17/5) kemarin.

Di mall yang termasuk besar di tengah Kota Sidoarjo itu, Dinkes Sidoarjo, menurut dr. Ato’illah, juga telah memvaksin sebanyak 472 orang pedagang dan pekerja. Vaksin pertama pada tanggal 7 Mei, sedangkan vaksinasi kedua nanti pada tanggal 4 Juni 2021.

Di Lippo Plaza Mall ini diakui ada pedagang dan pekerja yang tidak bisa divaksin, karena mereka mempunyai riwayat penyakit penyerta seperti Hipertensi.

Salah satu tempat yang mobilitas  dan interaksi sosialnya  yang juga sangat tinggi, yaitu pasar yang ada di Kab. Sidoarjo, kata dr. Ato’  juga sudah dilakukan vaksinasi Covid-19.

Dari data yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo,  diantaranya
telah dilakukan di pasar tradisional,  di pasar Krian, pasar Larangan, pasar Porong dan pasar Taman.

Dalam setiap kesempatan vaksinasi, menurut dr. Ato’illah, petugas kesehatan Dinas Kesehatan Kab. Sidoarjo juga mengingatkan walau masyarakat sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19, namun harus tetap selalu waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Masyarakat tetap kita ingatkan, meski  sudah mendapatkan vaksinasi, jangan sampai lalai dan meremehkan protokol kesehatan. Juga  perlu untuk selalu melakukan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS,” kata dr. Ato’illah. *