ASN Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Jalani Tes Kebugaran Metode Rockport

Foto : ASN Dinas Kesehatan Kab Sidoarjo melakukan tes kebugaran di dalam stadion Gelora Delta Sidoarjo
Foto : ASN Dinas Kesehatan Kab Sidoarjo melakukan tes kebugaran di dalam stadion Gelora Delta Sidoarjo

Dinas Kesehatan Kab. Sidoarjo melakukan tes kebugaran kepada 60 pegawainya. Tes  dengan cara jalan  kaki dan lari kurang lebih 1.6 km, pada Jum at pagi ( 11/6) kemarin, di dalam stadion Gelora Delta Sidoarjo itu, diantaranya untuk mengetahui kesehatan jantung dan paru-paru para pegawai.

Sebanyak 60 orang pegawai Dinkes Sidoarjo, diluar yang berada di 27 Puskesmas yang ada, dengan berpakaian olah raga,  mulai Kepala Bidang, Kasi dan staf, kompak mengikutinya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kab Sidoarjo, dr. Abdilah Segaf Alhadad MM, mengatakan dari tes kebugaran yang dinamakan juga tes rockport itu, kesehatan jantung dan paru-paru dari pegawai Dinkes Kab Sidoarjo hasilnya positip bagus.

“Untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, salah satu diantaranya adalah dengan tidak merokok,” komentar dr Abdilah, usai ikut dalam tes kebugaran itu.

Upaya lainnya adalah dengan makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, berolah raga yang teratur dan bisa mengelola stress dengan baik.

Menurut dirinya tes kebugaran ini juga sangat perlu dilakukan pada ASN Kab Sidoarjo yang lain, untuk menjaga kesehatannya. Menurut dr Abdilah, memang tes kebugaran ini masih diuji cobakan dulu pada ASN di Dinas Kesehatan Sidoarjo. Nantinya, pasti akan dilakukan pada ASN lain di Pemkab Sidoarjo dan juga kepada masyarakat Sidoarjo lainnya.

“Tujuan dari tes kebugaran ini semua, untuk menjaga kondisi kesehatan semua masyarakat. Lebih baik menjaga kesehatan lebih awal, daripada mengobati,” nasehatnya.

Dalam kesempatan yang sama, dituturkan juga oleh Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Olah Raga Dinkes Sidoarjo, Supaat Setia Hadi SKM MKes, tes kebugaran metode rockport ini diakhiri dengan pemeriksaan body mass index, yang meliputi pemeriksaan tinggi badan, per berat badan, viceral fat, total lemak tubuh dan body age.

“Latar belakang kegiatan ini ya supaya bisa diketahui tingkat kebugaran karyawan Dinkes Sidoarjo. Kalau karyawan bugar, kinerja kan juga lancar,” kata Supaat.

Tes kebugaran kesehatan ini, tambahnya kedepan Insya Allah memang akan diterapkan kepada ASN di OPD Kab Sidoarjo yang lain. Saat ini masih diujicobakan dulu kepada ASN di Dinkes Kab Sidoarjo. *