Hari Hipertensi Sedunia Tahun 2023

Hari Hipertensi Sedunia yang jatuh pada hari ini, 17 Mei 2023, mengangkat tema “Ukur Tekanan Darah Anda Secara Akurat, Kendalikan, Hidup Lebih Lama”.
merupakan momen yang tepat untuk menyebarkan informasi tentang pencegahan hipertensi melalui deteksi dini terhadap faktor risiko hipertensi.

Kebetulan nih, ada satu aplikasi baru @dinkesjatim, bernama E-DESI. Aplikasi ini memudahkan masyarakat mendeteksi dini terhadap faktor risiko hipertensi, sehingga dapat dengan cepat mengetahui tingkat keparahan penyakit yang ditimbulkan akibat hipertensi.

Aplikasi e-DESI ini bisa diakses di link https://dinkes.jatimprov.go.id/e-desi/public/. Melalui aplikasi e-DESI ini, masyarakat hanya butuh waktu sekitar 1 menit untuk mengisi identitas diri dan menjawab 15 pertanyaan di aplikasi e-DESI. Setelah semua pertanyaan terisi maka akan terlihat skor, jika skornya > 7 maka termasuk berisiko tinggi Hipertensi dan dilanjutkan mengisi fasilitas kesehatan yang akan dituju untuk melakukan penegakan diagnosa Hipertensi, jika skornya < 7 maka berisiko rendah hipertensi.

Pemanfaatan teknologi informasi dan digitalisasi dalam percepatan deteksi dini faktor risiko hipertensi melalui aplikasi e-DESI ini, memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melaksanakan self assessment. Selain itu, bagi petugas kesehatan pun, aplikasi e-DESI ini juga memudahkan mereka untuk mengetahui data kondisi hipertensi di wilayahnya.

Yuk, ajak seluruh keluarga untuk selalu menerapkan perilaku CERDIK (Cek Kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup, Kelola stres) sebagai upaya pencegahan hipertensi. Selain melakukan akupresur secara mandiri serta memanfaatkan TOGA (Taman Obat keluarga) untuk menjaga kesehatan.

Selamat Hari Hipertensi Sedunia 2023!
“Measure Your Blood Pressure Accurately, Control It, Live Longer”