Pemberdayaan Desa dalam rangka Percepatan Sidoarjo ODF melalui Penguatan Kelembagaan dan Pembinaan Lokus Kabupaten Sidoarjo Sehat

Pelaksanaan Kabupaten/Kota Sehat memiliki tujuan utama mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduknya. Salah satu indikator keberhasilannya adalah perubahan kondisi sanitasi diwilayah tersebut kualitas air, udara, tanah. Sehingga wajar bila keberadaan minimal 80% desa ODF menjadi indikator utama untuk bisa berpartisipasi dalam verifikasi nasional Kabupaten Kota Sehat.

Hal penting untuk segera dilakukan dalam mewujudkan percepatan ODF adalah membangun kesadaran masyarakat terutama masyarakat kelas ekonomi mampu untuk mau berdaya dalam membangun jambannya sendiri.

Untuk meningkatkan peran Forum KKS dalam pembinaan pemberdayaan desa guna percepatan Sidoarjo ODF dan membangun peran pokja desa dalam monitoring perkembangan akses jamban ditingkat desa, maka hari ini (25/5/2023) diselenggarakan Pertemuan
Pemberdayaan Desa dalam rangka Percepatan Sidoarjo ODF melalui Penguatan Kelembagaan dan Pembinaan Lokus Kabupaten Sidoarjo Sehat di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh camat dan seluruh Kepala Puskesmas se-Kabupaten Sidoarjo, TP PKK tingkat Kecamatan , Forum KKS tingkat kabupaten dan kecamatan, ini dibuka langsung oleh Plt. Sekretaris Daerah, Bapak Andjar Surjadianto, S.Sos. Pada kesempatan ini, beliau berpesan bahwa untuk percepatan Sidoarjo ODF, semua lintas sektor harus bergerak bersama, dengan melakukan inovasi pemecahan masalah tersebut. Pada kegiatan ini tim TP PKK Kabupaten Sidoarjo, Endang Sawitri, B.Sc., Kepala Bappeda Sidoarjo, Dr. Heri Soesanto, S.H., M.H., Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Dr. Fenny Apridawati, S.KM., M.Kes. menjadi narasumber dalam kegiatan diskusi ini.

Harapannya melalui diskusi ini, dihasilkan Rencana Tindak Lanjut untuk terrwujudnya pemberdayaan desa dalam rangka percepatan ODF melalui kegiatan Kabupaten Kota Sehat.