Demi Layanan Prima, Butuh 45 PKM Lagi

Dinkes-Sidoarjo

pkm-45Dinas Kesehatan siap melakukan revitalisasi pelayanan prima di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).  Satu tahun di wilayah Sidoarjo perlu mempersiapkan pembangunan 5-6 Puskesmas. Idealnya dengan penduduk 2,3 jiwa yang tersebar di 18 Kecamatan dibutuhkan 71 Puskesmas. Saat ini masih memiliki 26 puskesmas sehingga masih dibutuhkan 45 puskesmas lagi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo drg. Syaf Satriawarman Sp.Pros pernah mengatakan, rencana pembangunan puskesmas akan dilakukan bertahap. Kebutuhan tenaga kesehatan pun akan disesuaikan. Satu puskesmas diperkirakan membutuhkan 40 pekerja; empat di antaranya dokter umum. Bila dikaitkan dengan kebutuhan 45 unit puskesmas, Sidoarjo butuh 180 dokter umum lagi.

Dinkes telah mengusulkan pembangunan puskesmas penggantinya. Puskesmas penggantinya diperlukan dan masih difokuskan di Puskesmas Sedati. Puskesmas pengganti akan berdiri di lahan 780 meter persegi di sisi selatan puskesmas Sedati saat ini. Selain itu juga direncanakan untuk membangun tiga puskesmas baru; di  Krembung, Wonokasian-Wonoayu dan Urangagung Sidoarjo Kota. Selain Sedati, puskesmas Sukodono masuk dalam perencanaan tahap satu pengubahan ke rumah sakit tipe D. Di tahap dua, tahun mendatang, disusul  puskesmas Tarik dan Waru. (cat)